Waspada Banjir, Ini yang Dipersiapkan BPBD Makassar

  • Bagikan
Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin saat memperlihatkan perahu karet yang disiagakan untuk mitigasi bencana, di Kantor BPBD Kota Makassar, Jalan Kerung-kerung Makassar, Jumat (12/1/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar waspada cuaca ekstrem yang bakal melanda Kota Makassar dalam beberapa waktu kedepan.

Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk tiga hari kedepan yakni pada tanggal 13 - 15 Januari 2024 untuk beberapa wilayah di Sulawesi Selatan, termasuk Kota Makassar.

Peringatan dini cuaca ini berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Dengan kondisi tersebut berpotensi dapat menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

Maka dari itu sebagai tindaklanjut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar telah menyatakan kesiapan menghadapi cuaca ekstrem yang bakal melanda Kota Makassar selama tiga hari kedepan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar, Hendra Hakamuddin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan peralatan berupa 12 unit perahu karet dengan delapan unit mesin motor perahu karet berbagai kapasitas, genset dan tandon.

Ada juga, water purifier sebanyak tujuh unit yang terdiri dari lima unit dengan kapasitas kecil dan dua unit kapasitas besar yang memiliki total keseluruhan kapasitas mencapai dua ribu liter per hari.

Selanjutnya, para personel BPBD Kota Makassar juga akan dilengkapi alat keamanan seperti life vest, alat selam dan safety helmet.

Selain itu, Hendra mengaku berdasarkan arahan dari Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto pihaknya diminta untuk meningkatkan kewaspadaan kesiapsiagaan.

"Seperti arahan walkot, semua unsur sudah mencukupi untuk kita menetapkan Kota Makassar untuk status siaga darurat bencana banjir, kenapa mencukupi unsur unsur karena informasi dari BMKG sudah ada," ucap Hendra, saat ditemui di Kantor BPBD Kota Makassar, Jalan Kerung-kerung Makassar, Jumat (12/1/2024).

  • Bagikan

Exit mobile version