Target Turunkan Angka Pengangguran, Disnaker Beri Pelatihan Gratis 10 Ribu Skill

  • Bagikan
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Nielma Palamba. (dok)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar terus berupaya untuk memperluas kesempatan kerja di tahun 2024.

Salah satunya dengan menghadirkan program 10 ribu skill training gratis. Di mana, program ini memberikan pembekalan untuk meningkatkan kemampuan agar memiliki daya saing.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Nielma Palamba mengatakan pembekalan kemampuan (skill) yang diberikan tentunya mengikuti sesuai dengan kebutuhan pasar. Seperti saat ini dengan perkembangan teknologi, kebutuhan pasar terkait dunia digital sangat dibutuhkan.

Maka dari itu, dalam program 10 ribu skill training gratis ini memberikan pembekalan dibidang konten kreator, editing video dan digital marketing.

"Kita lakukan pemetaan kebutuhan lapangan kerja. Apa yang dibutuhkan perusahaan itulah dibuatkan pelatihan. Konten kreator, video editing dan digital marketing. Job ini banyak dibutuhkan," terang Nielma.

Program 10 ribu training skill gratis ini bersama program 100 peluang usaha dan bisnis baru mampu menekan jumlah pengangguran di Kota Makassar.

Berdasarkan data dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar mencatat tingkat pengangguran terbuka di Kota Makassar di tahun 2023 yakni 10,60 persen.

Jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 yakni sebesar 11,68 persen dan di tahun 2021 yakni 13, 18 persen.

Nielma Palamba menyebut jumlah pengangguran di Kota Makassar saat pandemi Covid-19 meningkat drastis di angka 25,92 persen. Ia mengatakan jumlah tersebut karena ada sebanyak 6000 pekerja yang di-PHK dan dirumahkan pada pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Nielma berharap di tahun 2024 ini pihaknya dapat menurunkan jumlah pengangguran di kota Makassar di angka satu digit atau 9 persen. (Shasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version