Komisioner Bawaslu Sebut PTPS Mahkota Pengawasan Pemilu

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare menyebut bahwa Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) merupakan ujung tombak dalam menjaga kualitas Pemilu Tahun 2024.

Hal ini disampaikan Koordiv Hukum, Pencegahan, Partisipatif Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Parepare, Susilawati, dalam sambutannya usai pelantikan dan pengambilan sumpah Pengawas TPS Se Kecamatan Bacukiki Barat, pada Senin 22 Januari 2024.

Sebelum memulai sambutannya, Susilawati menyampaikan selamat kepada Pengawas TPS Se Kecamatan Bacukiki Barat yang telah dilantik. PTPS ini merupakan sahabat Bawaslu sehingga tidak ada jarak antara Bawaslu RI, Bawaslu Kota hingga Panwascam.

“PTPS ini adalah Mahkota Bawaslu. Mata Bawaslu dan telinga Bawaslu di tingkat TPS. jadi amanah yang kita emban sebagai Pengawas TPS tidak hanya melihat wilayah kerjanya. Tapi PTPS ini adalah ujung tombak bawaslu yang ada di tingkat TPS. Berhasil atau tidaknya, sukses atau tidaknya Pemilu itu salah satunya bergantung pada kerja-kerja cermat Pengawas TPS,”Tegas Susilawati.

Ia berpesan, kepada Para Pengawas TPS agar cermat dalam menjalankan tugas hingga melakukan pengawasan. Tidak hanya sebatas hadir di tengah-tengah masyarakat, dan tidak hanya hadir di TPS, akan tetapi melihat dan mencermati apa yang terjadi di wilayah kerja pengawas TPS itu sendiri.

“Kita harus memastikan tidak terjadi kecurangan dalam proses pemilu. Seperti kecurangan yang paling rawan adalah pencurian suara. Jangan sampai ada satu suara yang tercuri maka itu akan mempengaruhi kuris. maka Pengawas hadir untuk memastikan tidak ada suara-suara yang tercuri walau hanya satu, karena ini sangat merugikan Negara dan demokrasi. Ini bisa mencederai demokrasi kita jika kecurangan itu terjadi,”Ujar Susi mengingatkan.

Sementara Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Bacukiki Barat, Kardini berharap, agar Pengawas TPS mengemban amanah dan tugas yang diberikan dengan jujur dan baik sebab mereka merupakan orang-orang yang berintegritas dan tidak terafiliasi dengan kelompok manapun.

“Kita berharap Pengawas TPS ini bisa menjalankan tupoksinya yang sesuai aturan. Betul-betul hadir di TPS untuk mengawasi jalannya pemungutan dan penghitungan suara. Karena merekalah yang ikut menentukan keberhasilan jalannya Pemilu 2024.

Pada Pelantikan ini, dilanjutkan Pembekalan kepada 116 PTPS Se Kecamatan Bacukiki Barat yang telah dilantik dengan materi, Kode Etik Pengawasan.(Yanti)

  • Bagikan