Lantik 5,7 Juta Anggota KPPS, KPU Harapkan Bisa Hadirkan Pemilu yang Berintegritas

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara serentak melantik sebanyak 5.741.127 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka akan ditempatkan pada 820.161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, pihaknya juga melakukan bimbingan teknis pelatihan untuk anggota KPPS. Menurutnya, pada setiap TPS akan ditempatkan tujuh anggota KPPS.

"Nah untuk Pemilu 2024, tujuh orang anggota KPPS ini dilantik semua. Ini yang berbeda dengan Pemilu atau Pilkada sebelumnya yang dilatih atau diikutsertakan dalam bimbingan teknis hanya satu orang," kata Hasyim di Merlynn Park Hotel, Jakarta, Kamis (25/1).

Hasyim memastikan, bimbingan teknis dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya, pada 14 Febeuari 2024 mendatang. Sebab, para anggota KPPS nantinya akan menyiapkan logistik surat suara kepada para pemilih.

"Ini yang penting sebagai ikhtiar oleh KPU dalam rangka meningkatkan kualitas pemilu, meningkatkan profesionalitas, akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan Pemilu 2024," ucap Hasyim.

Hasyim mengharapkan, Pemilu 2024 dapat berjalan dengan penun integritas. Sehingg menghadirkan pesta demokrasi yang jujur dan adil.

"Dan juga membangun integritas pemilu terutama integritas proses yang nanti akhirnya inetgritas hasil," pungkasnya. (JP)

  • Bagikan