Bukan Sembarang Perintah, Berikut Manfaat Konsumsi Makanan Halal

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Makanan menjadi kebutuhan pokok semua manusia. Dalam Islam, makanan yang dibolehkan untuk dikonsumsi harus halal. Ada banyak jenis makanan di sekitar kita, tapi belum tentu makanan itu halal untuk dimakan.

Allah SWT melarang umat muslim mengonsumsi makanan haram dan memabukkan. Oleh sebab itu, perlu tahu makanan yang halal dan haram untuk dikosumsi. Tapi sebelum itu, harus diketahui terlebih dahulu apa itu makanan halal.

Halal berarti boleh dimakan, boleh digunakan. Dalam Islam, halal mempresentasikan suatu tindakan, percakapan, perbuatan, dan tingkah laku yang boleh dilakukan tanpa dikenakan dosa. Islam sangat mementikan kebaikan dan kebersihan dalam semua aspek, baik di segi makanan menggunakan bahan-bahan yang baik, suci, dan bersih.

Makanan halal adalah makanan yang dibolehkan atau diizinkan untuk dimakan yang sesuai dengan syariat Islam. Makanan halal dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu halal menurut zatnya, halal cara mendapatkannya, dan halal dengan cara mengolahnya.

Ada beberapa prinsip dasar juga yang harus diperhatikan supaya makanan dianggap halal antara lain, bahan utama yang digunakan diperbolehkan, pemotongan hewan dengan syariat islam, tidak mengandung bahan haram, pengolahan yang bersih dan higienis, penyajian dan perinsip yang tidak terkontaminasi.

Dari makanan halal yang sudah memenuhi prinsip dasar halal itu akan ditemukan manfaat di dalamnya. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi makanan halal. (JP)

  • Bagikan

Exit mobile version