SMK Darussalam Gelar Capping Day

  • Bagikan
SMK Darussalam Makassar (Skadars) menggelar Capping Day bagi siswa-siswi kelas X Angkatan XVII yang di Gedung Serbaguna SMK Darussalam, Rabu (31/1/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - SMK Darussalam Makassar (Skadars) menggelar Capping Day bagi siswa-siswi kelas X Angkatan XVII yang di Gedung Serbaguna SMK Darussalam, Rabu (31/1/2024).

Capping Day ini digelar dalam rangka menyambut masa praktik klinik bagi para siswa program keahlian asisten perawat dan caregiver SMK Darussalam di berbagai institusi Kesehatan di wilayah Makassar dan Maros.

Kepala SMK Darussalam, Arifin mengatakan, kegiatan Capping Day adalah upaya untuk menguatkan karakter perawat dan membangun komitmen sehingga jauh lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

"Seiring waktu, profesionalisme dalam kemajuan zaman saat ini sering melupakan budaya yang sebenarnya menguatkan profesionalisme itu, maka dari itu kami mengusung tema profesionalisme yang menyelaraskan budaya dan kemajuan zaman," ungkapnya.

Pengembang dibidang kurikulum, Nurmiah mengungkapkan, sikap profesi merupakan esensi dari tuntutan dunia kerja.

"Kami percaya dengan menguatkan budaya maka pendidikan akan maju," ujarnya.

Kepala Program Keahlian Asisten Perawat, Yuniaty menyebutkan momen capping day merupakan ucap janji siswa perawat.

"Termasuk di dalamnya adalah sumpah untuk merahasiakan kondisi kesehatan pasien kecuali diminta oleh pengadilan," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia, Kaspendi menyampaikan kegiatan capping day ini merupakan rutinan setiap tahun untuk siswa siswi perawat.

"Capping day adalah upaya untuk mengingatkan calon-calon perawat tentang sejarah penting profesi yang akan ditekuninya nanti," ujarnya.

Terakhir, Kordinator acara capping day, Zaid Buri Prahastyo mengatakan bahwa prosesi caping day bagaikan opera, sarat akan simbol.

"Seluruh prosesi berlangsung dengan nuansa teater, banyak yang dilibatkan, semua potensi guru dan murid dimanfaatkan, acara dimulai oleh tarian daerah dan diakhiri dengan pemberian sekuntum mawar oleh peserta kepada orang tuanya," tutupnya. (Hikmah/A)

  • Bagikan