Serius Mengembangkan Platform Kecerdasan Buatan, Apple Siap Beli Startup AI

  • Bagikan
Apple CEO Tim Cook introduces Apple Vision Pro at Apple Park in Cupertino, California, U.S. June 5, 2023. Brooks Kraft/Apple Inc./Handout via REUTERS

RAKYATSULSEL –Apple dikabarkan bersiap membeli startup AI dengan teknologi privasi canggih untuk mendukung Apple Vision Pro. CEO Apple Tim Cook memastikan bahwa mereka siap merilis platform kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) baru.

Sumber menunjukkan Apple berencana mengakuisisi Brighter AI, sebuah startup AI Jerman spesialis dalam menganonimkan data wajah dan pelat nomor. Apple menggunakan akuisisi itu untuk meningkatkan fitur privasi di Apple Vision Pro kepada 9to5Mac.

Apple mungkin mempertimbangkan teknologi Brighter AI untuk meminimalkan risiko Apple Vision Pro menangkap informasi identitas dalam video atau foto yang diambil di depan umum.

Dikutip via GSMArena, hal itu merupakan langkah penting untuk melindungi privasi pengguna. Di era modern yang didorong AI, tidak mengherankan jika mungkin ada solusi yang lebih baik dan elegan.

Teknologi Deep Natural Anonymization 2.0 milik startup AI Jerman Brighter AI menjanjikan anonimitas wajah dan data melalui modifikasi AI pada gambar, bukan pemburaman. Hal tersebut menghasilkan tampilan gambar akhir yang jauh lebih alami.

Berdasar sumber industri, Apple dalam penawaran rencana mengakuisisi Brighter AI dan menggunakan teknologinya. Headset Vision Pro VR/AR mungkin menjadi yang pertama memanfaatkan teknologi itu.

Sekilas keputusan yang agak membingungkan, namun tampaknya Apple khawatir Vision Pro menimbulkan masalah privasi tertentu. Apple yakin akan lebih mudah mengambil video dan gambar secara diam-diam dengan Vision Pro.

  • Bagikan