Pemkot Parepare Minta Seluruh Masyarakat Wujudkan Pemilu 2024 Aman dan Damai

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar apel siaga pengawasan Pemilu 2024.

Apel siaga ini berlangsung di Lapangan Binalipu, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Sabtu (10/2/2024).

Sebanyak 395 pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dikerahkan untuk mengawasi masa tenang sampai perhitungan suara selesai.

Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali diwakili Asisten Bidang Pemerintahan, Dede Harirustaman meminta Bawaslu agar aktif melakukan pengawasan peserta pemilu di masa tenang.

Tahapan masa tenang Pemilu 2024, dimulai tanggal 11 sampai 13 Februari 2024.

“Pemilu tidak terasa tinggal beberapa hari lagi ke depan. Pada pukul 00.00 Wita nanti malam sudah memasuki tahapan masa tenang pemilu,” ujarnya.

“Bawaslu akan melakukan pengawasan terhadap peserta pemilu yang beraktifitas di masa tenang,” tambahnya.

Pada tahapan masa tenang, lanjut dia, mengajak seluruh masyarakat hingga peserta pemilu untuk sama-sama mengawal agar peseta demokrasi berjalan aman dan damai.

“Salah satu langkah yang perlu dilakukan mengajak masyarakat untuk bisa aktif dan terlibat sebagai pemantau pemilu dalam pengawasan partisipatif,” kata Dede Harirustaman.

“Peran partisipatif masyarakat dalam mengawasi atau memantau dalam prosesnya dalam kontestasi merupakan peran yang sangat penting,” sambugnya.

Selain itu, Asisten Bidang Pemerintahan juga menyebut pemerintah kota (Pemkot) Parepare memiliki komitmen kuat dalam mensukseskan Pemilu 2024.

“Kami berharap pelaksanaan pemilu 2024 di Kota Parepare dapat berjalan demokratis, jujur, adil, aman dan damai. Juga harus menjadi contoh barometer bagi daerah lain dalam pelaksanaan pesta demokrasi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Parepare, Muh Zainal Asnun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkot Parepare dan seluruh Forkopimda telah memberikan dukungannya.

“Saya tidak menyampaikan terima kasih dukungan pemerintah daerah, kepolisian dan seluruh Forkopimda atas pelaksanaan tugas kita ke depan,” ucapnya.

Zainal Asnun juga mengingatkan agar pengawas TPS agar mempersiapkan dirinya menjelang hari pencoblosan dan pemungutan suara.

“Persiapkan diri, persiapkan kesehatan dan juga jangan lupa bahagia. Kalau dalam pelaksanaan tugas tidak bahagia, pasti tidak sempurna pekerjaan yang kita kerjakan,” tuturnya. (*)

  • Bagikan