Prof Muhammad: PTPS Adalah Ujung Tombak Demokrasi!

  • Bagikan
Apel Siaga Pengawasan yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Maros di Lapangan Pallantikang, Kantor Bupati Maros, Sabtu (10/02/2024).

MAROS, RAKYATSULSEL - Mantan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia Periode 2012 - 2017, Prof. Dr. Muhammad, S.IP., M.Si menegaskan bahwa Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) merupakan ujung tombak demokrasi.

Hal tersebut disampaikan Prof Muhammad saat menyampaikan orasi di hadapan 42 Komisioner Panwaslu Kecamatan, 103 Panwaslu Kelurahan Desa dan 1.073 PTPS yang menghadiri Apel Siaga Pengawasan yang digelar oleh Bawaslu Kabupaten Maros di Lapangan Pallantikang, Kantor Bupati Maros, Sabtu (10/02/2024).

"Bapak ibu sekalian, para Panwascam, PKD, utamanya PTPS adalah ujung tombak pemilu kita, ujung tombak perbaikan demokrasi bangsa ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengawas di tingkat kecamatan ke bawah yang berhadapan langsung dengan dinamika yang terjadi di lapangan.

"Bapak ibu, teman-teman Panwascam, PKD, dan PTPS bagi saya itu lebih penting daripada Bawaslu Kabupaten. Karena yang berhadapan langsung dengan persoalan-persoalan di lapangan itu adalah bapak ibu sekalian," sebut Prof Muhammad.

Eks Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) tersebut juga berpesan terkait hal utama yang mesti dijaga seorang pengawas pemilu adalah integritas.

"Kunci dari kesuksesan penyelenggaraan pengawasan pemilu itu adalah integritas. Apalagi sisa menghitung hari menjelang hari pencoblosan, betul betul integritas bapak ibu sekalian akan diuji. Maka jagalah integritas tersebut, demi cita-cita kita bersama ingin melihat masa depan demokrasi kita jadi lebih baik. Selamat bekerja, selamat mengabdi!" Ungkapnya.

Apel siaga pengawasan tersebut bertujuan untuk melihat kesiapan para pengawas pemilu di semua tingkatan, mulai dari Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan, PKD dan PTPS menjelang masa tenang, proses distribusi logistik, hingga hari pemungutan dan penghitungan suara.

Hadir sebagai pembina upacara, Ketua Bawaslu Maros, Sufirman. Apel tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Maros, yakni Bupati Maros, Ketua DPRD Maros, Kapolres Maros, Perwakilan Kodim 1422 Maros, Kejari Maros, dan berbagai lembaga serta organisasi tingkat daerah lainnya.

Momen Epik Apel Siaga PTPS Bawaslu Maros, Kapolres Ikut Berbaris Meski Hujan Deras
Hal menarik dalam pelaksanaan apel siaga tersebut adalah kondisi cuaca yang cukup ekstrem. Di tengah sambutan Ketua Bawaslu Maros, hujan deras tiba-tiba mengguyur dan membuat barisan peserta apel bubar. Saat berhamburan, tersisa pemimpin upacara yang merupakan seorang perempuan. Ia tetap berdiri dengan tegak, meski diguyur hujan deras.

  • Bagikan