700 Personil Satpol PP Makassar Diturunkan Amankan Pemilu 2024

  • Bagikan
Personel Satpol PP Maros mendapat pengarahan sebelum melakukan penertuba APK Caleg.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar menurunkan sebanyak 700 personil yang disiagakan untuk melakukan pengamanan selama Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 pada tanggal 14 Februari berlangsung.

Pengamanan yang akan dilakukan yakni mulai dari penurunan alat peraga kampanye (APK) disejumlah ruas jalan di Kota Makassar hingga pengawalan distribusi logistik di kecamatan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kota Makassar, Ikhsan mengatakan personil yang diturunkan dibagi menjadi dua regu masing-masing 350 personil.

Di mana, 350 personil tersebut, kata dia, telah diturunkan di 14 kecamatan yang ada di Kota Makassar. "Dari 700 personil itu sudah di BKO kecamatan sebanyak 350 orang, minus Kecamatan Sangkarrang. Maka dari itu, di Sangkarrang insya Allah kita akan kirim ke sana (personil)," terang Ikhsan, Minggu (11/2).

Ia pun merincikan setiap kecamatan akan dikawal sebanyak 20 hingga 25 personil dari Satpol PP. Ikhsan menyebut personil yang diturunkan tentu intens koordinasi kepada Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (kasi tantib) dan) kasi pemerintahan, guna antisipasi gangguan keamanan.

Selain itu, Ia membeberkan dalam pengawalan Pemilu Serentak 2024 juga pihaknya melakukan pembersihan APK di setiap kecamatan yang dimulai pada hari ini. "Serentak perkecamatan turun dan sudah dikoordinasikan dengan pak camat," terang Ikhsan.

Dengan memprioritaskan penurunan APK di ruas jalan utama di Kota Makassar. "Nanti disisir lagi tanggal 12 - 13 Februari kita prioritaskan jalan-jalan utama dulu," jelas Ikhsan.

Sebelumnya, kata Ikhsan, KPU Kota Makassar telah menyurati tim pemenangan dari Calon Legistlatif dengan memberikan waktu untuk melakukan menurunkan APK secara mandiri. Jika dari batas waktu yang diberikan belum dilakukan, maka Satpol PP yang akan menurunkan APK Caleg tersebut. (Shasa/B)

  • Bagikan