8 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi

  • Bagikan
foto ilustrasi

Sakit gigi sampai ke kepala merupakan keluhan yang sangat mengganggu. Seperti namanya, sakit gigi bisa membuat penderitanya merasakan nyeri yang menjalar hingga area kepala dan memicu munculnya sakit kepala. Namun, kondisi tersebut dapat diatasi dengan berbagai cara ampuh yang mudah dilakukan.

Sakit kepala akibat sakit gigi sering kali terjadi hanya pada salah satu sisi kepala, tepatnya sisi kepala yang sama dengan lokasi sakit gigi. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah migrain.

Alasan yang menyebabkan migrain dapat muncul pada penderita sakit gigi adalah karena adanya saraf trigeminal di wajah. Saraf trigeminal adalah sistem saraf yang terhubung langsung ke otak. Saraf ini memungkinkan seseorang untuk merasakan beragam sensasi pada wajah, gigi, dan gusi.

Oleh karena itu, ketika menderita sakit gigi dan saraf trigeminal teriritasi, saraf akan mengirimkan sinyal rasa nyeri ke otak secara berlebih sehingga memicu terjadinya migrain. Bila tidak segera ditangani, sakit gigi sampai ke kepala bisa mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya.

Cara Mengatasi Sakit Gigi sampai ke Kepala

Cara paling ampuh untuk menghilangkan sakit kepala sebelah atau migrain saat sakit gigi adalah dengan mengatasi sakit gigi itu sendiri. Jika sakit gigi sudah mereda, saraf trigeminal akan berhenti mengirimkan sinyal rasa nyeri berlebih ke otak. Hasilnya, migrain pun akan teratasi.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan:

1. Kompres dingin

Salah satu cara mengatasi sakit gigi sampai ke kepala adalah melakukan kompres dingin. Cara ini diketahui dapat mengecilkan pembuluh darah di sekitar gusi sehingga mengurangi nyeri di gigi.

Berkurangnya rasa nyeri di gigi tentunya akan membuat saraf trigeminal berhenti mengirimkan sinyal rasa nyeri ke otak. Dengan begitu, sakit kepala sebelah atau migrain pun akan menghilang secara perlahan.

Dalam pelaksanaannya, Anda bisa melakukan kompres dingin menggunakan es yang dibungkus dengan handuk atau kain bersih. Letakkan es tersebut dia area pipi di mana gigi terasa nyeri dan kompres selama 20 menit.

2. Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam juga bisa dilakukan untuk meredakan keluhan sakit gigi. Ini karena air garam dipercaya efektif untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Dengan demikian, sakit gigi akan cepat mereda dan keluhan migrain dapat teratasi.

Untuk meredakan sakit gigi sampai ke kepala dengan air garam, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Campurkan ½ sendok makan garam dengan 1 gelas air hangat.
  • Aduk hingga garam larut, lalu berkumurlah dengan larutan garam selama 30 detik.
  • Ulangi cara ini sampai sakit gigi mereda.

3. Kumur dengan larutan soda kue

Sama halnya dengan garam, soda kue juga dapat meredakan nyeri serta memiliki sifat antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab sakit gigi. Oleh sebab itu, berkumur dengan larutan soda kue juga digadang-gadang dapat meredakan keluhan sakit gigi, termasuk sakit gigi sampai ke kepala.

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat larutan soda kue guna mengatasi sakit gigi sampai ke kepala adalah sebagai berikut:

  • Masukkan 2 sendok teh soda kue ke dalam 1 gelas air hangat, kemudian aduk hingga rata.
  • Berkumurlah seperti biasa dengan larutan soda kue selama 30 detik.
  • Setelah selesai, buang larutan soda kue ke wastafel kemudian bersihkan mulut dengan cara berkumur menggunakan air putih.

4. Kumur dengan minyak kelapa

Penelitian menunjukkan bahwa keluhan sakit gigi dapat diredakan dengan berkumur menggunakan minyak kelapa. Cara ini berkaitan dengan sifat antibakteri dan antiradang yang dimiliki oleh minyak kelapa yang bisa meredakan keluhan sakit gigi dengan cepat.

Anda hanya perlu berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa yang baru selama 30 detik. Agar berbagai keluhan sakit gigi, termasuk migrain, makin cepat menghilang, Anda dianjurkan untuk berkumur dengan minyak kelapa secara rutin hingga sakit gigi benar-benar mereda.

5. Kunyah bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri sehingga bisa membasmi bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan rasa nyeri yang muncul. Berkat kandungan inilah bawang putih sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi sampai ke kepala.

Anda dapat menghaluskan bawang putih, lalu mengoleskannya ke area gigi yang sakit. Namun, bila ingin merasakan manfaatnya secara optimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih dengan cara mengunyahnya tanpa perlu menelannya. Setelah itu, Anda dapat berkumur untuk mengeluarkan sisa bawang putih yang tertinggal di mulut.

6. Kunyah daun jambu biji

Tanaman herba lainnya yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mengatasi sakit gigi sampai ke kepala adalah daun jambu biji. Penggunaannya pun cukup mudah, Anda bisa mengunyah daun jambu biji yang sudah dicuci bersih secara langsung atau mengolahnya menjadi obat kumur.

Bila ingin mengolahnya menjadi obat kumur, Anda perlu menghancurkan beberapa daun jambu biji yang sudah bersih kemudian rebus dengan air panas. Gunakanlah air rebusan tersebut untuk berkumur secara rutin agar sakit gigi sampai ke kepala dapat mereda dengan cepat.

7. Kompres gigi dengan minyak cengkeh

Senyawa eugenol yang terkandung dalam minyak cengkeh dikenal berkhasiat untuk meredakan sakit gigi. Hal ini karena senyawa tersebut dapat berperan sebagai obat penghilang rasa nyeri sekaligus memiliki sifat antimikroba alami untuk membunuh berbagai bakteri, termasuk bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa melakukan kompres gigi menggunakan minyak cengkeh dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Campurkan 3–5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Rendam kapas ke dalam campuran minyak tersebut.
  • Tempelkan kapas yang sudah terendam ke gigi yang sakit selama 5–10 menit.
  • Setelah selesai, berkumurlah untuk menghilangkan sisa minyak di dalam mulut.

8. Konsumsi obat pereda nyeri

Selain dengan cara alami, meredakan sakit gigi sampai ke kepala juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen dan paracetamol. Kedua obat tersebut bekerja dengan cara menghambat produksi senyawa di dalam tubuh yang menimbulkan rasa nyeri, termasuk nyeri ketika sakit gigi.

Obat pereda nyeri umumnya bisa Anda dapatkan di apotek. Meski begitu, pastikan untuk mengonsumsinya sesuai dengan dosis yang tertera pada kemasan obat.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi sakit gigi yang bisa Anda lakukan. Bila kondisi sakit gigi teratasi dengan baik, keluhan sakit kepala sebelah atau migrain pun akan ikut menghilang dengan sendirinya.

Namun, bila berbagai cara mengatasi sakit gigi sampai ke kepala sudah Anda lakukan tetapi keluhan migrain tetap muncul atau justru bertambah parah, segera periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Meskipun sakit kepala sudah hilang, Anda tetap disarankan berobat ke dokter agar penyebab sakit gigi sampai ke kepala bisa diatasi tuntas untuk mencegah keluhan berulang kembali.

Nantinya, dokter mungkin saja akan memberikan cara mengatasi sakit gigi sampai ke kepala dengan metode lainnya, seperti menambal gigi, memasang crown gigi, atau bahkan melakukan cabut gigi, agar sakit gigi cepat sembuh dan keluhan sakit kepala bisa mereda dan tidak dirasakan lagi.

Referensi: Alodokter, Ballini, A. et al. (2020). Efficacy of Sea Salt-Based Mouthwash and Xylitol in Improving Oral Hygiene among Adolescent Population: A Pilot Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(1), doi: 10.3390/ijerph18010044.

  • Bagikan