Puluhan Personil Polisi Kawal Pengiriman Logistik Pemilu ke Pulau-pulau

  • Bagikan
Personel Polres Pelabuhan diberangkatkan ke Pulau kawal logistik Pemilu. Foto: ISAK PASA'BUAN/RAKYATSULSEL/A

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tiga hari menjelang pencoblosan Pemilu 2024, tepatnya Rabu (14/2/2024), surat suara mulai didistribusikan penyelenggara ke sejumlah wilayah termasuk ke pulau.

Untuk pulau yang masuk dalam wilayah Kota Makassar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mendistribusikan surat suara ke tiga pulau yang berada di Kecamatan Sangkarrang, yakni Pulau Kodingareng, Barrang Caddi dan Barrang Lompo.

Adapun pendistribusian dilakukan di Pelabuhan Paotere, Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, pada Minggu (11/2/2024) pagi.

Logistik atau surat suara itu diangkut menggunakan Kapal Motor (KM) Rahmat Kurnia Ilahi, sekitar Pukul 07.50 Wita, dengan pengawalan ketat anggota kepolisian dari Polres Pelabuhan Makassar.

Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto menuturkan, untuk pengawalan pendistribusian logistik ke pulau pihaknya menerjunkan 71 personel. Termasuk untuk melakukan pengawalan dan pengamanan Pemilu 2024 di Kecamatan Pulau Sangkarrang Makassar.

Puluhan personil itu diberangkatkan menggunakan kapal yang sama dengan pengangkutan logistik. "Anggota personil ini akan melakukan pengamanan di 41 TPS dan 30 di Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), sebagai tim pengamanan. Jadi semuanya 71 personil," tutur Yudi.

Lebih lanjut, mantan Kasat Narkoba Polrestabes Makassar mengatakan, adapun kendala saat pengamanan Pemilu tahun ini mulai dari cuaca buruk hingga sinyal yang sulit di wilayah tersebut.

Diman pada saat pengamanan nantinya, personel yang berada di Pulau Kodingareng dan Barrang Lompo harus menyebrang ke Pulau Barrang Caddi untuk menyampaikan laporannya.

Dia menambahkan, kegiatan pengamanan dan pengawasan ini dimulai hari ini hingga 14 Februari dan setelah pencoblosan, termasuk pada saat rekap suara Pemilu nantinya.

"Jadi itu, nanti mereka kembali lagi ke PPK Kecamatan untuk pengamanan dan setelah rekap di PPK ada difungsikan lagi ke KPU Kota Makassar, setelah itu pengamanan di pulau selesai," kuncinya.

Ketua KPU Kota Makassar, Hambaliie mengatakan, di tiga pulau tersebut terdapat 41 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Dengan rincian Pulau Kodingareng 14 TPS, Barrang Caddi 13 TPS, dan Barrang Lompo 14 TPS.

"Kalau untuk totol Daftar Pemilih Tetap (DPT) itu sebanyak 10.261 DPT," kata Hambaliie saat diwawancara.

Untuk logistik yang distribusi ini bukan hanya surat suara yang dikemas dalam 41 kantong, tapi juga ada sekitar 205 kotak suara yang ikut dikirim ke Kecamatan Pulau Sangkarrang.

Hambaliie berharap, pendistribusian logistik ini bisa berjalan normal sehingga tiba tepat waktu. Apalagi kegiatan pendistribusian sempat tertunda sehari akibat cuaca buruk yang melanda wilayah Makassar dan sekitarnya.

Sedangkan untuk proses pendistribusian logistik Pemilu ini, Hambaliie menjelaskan kapalnya hanya sekali jalan dengan tujuan tiga pulau di Kecamatan Pulau Sangkarrang.

"Mudah-mudahan semuanya lancar, cuaca hanya mendung saja, tidak ada badai, tidak ada hujan, mudah-mudahan kita tiba dengan selamat. Jadi sebenarnya kita merencanakan dari tanggal 10 (Februari) cuma dari ramalan BMKG ketinggian gelombang laut mencapai 4 meter, jadi kita undur waktunya," ungkapnya. (Isak/B)

  • Bagikan

Exit mobile version