Suka Makan Pisang? Ini 7 Manfaat dari Buah Pisang

  • Bagikan
Foto: Manfaat buah pisang (freepik)

RAKYATSULSEL - Buah pisang, selain memiliki rasa manis yang lezat, juga menyimpan banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan kekurangan jika Anda mengonsumsi buah pisang:

Manfaat Buah Pisang:

1. Sumber Energi

Pisang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat di dalam satu buah berukuran sedang. Karbohidrat ini dipecah menjadi glukosa, yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh untuk melakukan aktivitas.

2. Mencegah Serangan Jantung:

Kandungan kalium di dalam pisang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kestabilan detak jantung.

3. Mencegah Terjadinya Kanker

Senyawa antioksidan dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker.

4. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Kalium di dalam pisang juga berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal.

5. Mengurangi Mual saat Hamil

Vitamin B6 dalam pisang mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sementara kalium mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah.

6. Mencegah Sembelit

Pisang mengandung serat dan probiotik yang baik untuk kesehatan usus dan saluran cerna.

7. Menurunkan Berat Badan

Pisang tinggi serat dan cocok sebagai camilan sehat setelah olahraga.

Kekurangan Buah Pisang:

Alergi: Meskipun jarang, konsumsi pisang dapat menyebabkan alergi, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat alergi lateks.

Sembelit: Konsumsi terlalu banyak serat dari pisang dapat menyebabkan sembelit. Pastikan Anda minum banyak air putih untuk mengatasi masalah ini.

Ingatlah untuk mengonsumsi pisang dengan bijak dan seimbang agar Anda dapat merasakan manfaatnya tanpa mengalami efek samping yang tidak diinginkan.

  • Bagikan