Di Hadapan Pj Gubernur, Pj Wali Kota Inginkan Kapal Kargo Masuk di Parepare, Pelabuhan Makin Sibuk Pacu Investasi

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali menyampaikan keinginan dan harapannya di hadapan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin pada momentum peringatan hari ulang tahun ke-64 Parepare.

Akbar Ali berharap dukungan agar Pelabuhan Parepare semakin sibuk, kapal kargo bisa masuk. "Kami harap kapal kargo bisa masuk, karena Pelabuhan Parepare saat ini cukup sibuk. Pelabuhan ini menjadi salah satu gerbang keluar masuk orang dan barang di Indonesia Timur," kata Akbar Ali pada puncak peringatan hari jadi Parepare di Auditorium IAIN Parepare, Ahad (18/2/2024).

Puncak hari jadi Parepare ini dihadiri langsung Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin membawa jajaran pejabat Pemprov Sulsel, yang disebutnya full team.

"Dalam kesempatan ini, kami mengharapkan dukungan Bapak Penjabat Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendukung optimalisasi Pelabuhan Parepare. Sebagai Kota Pelabuhan, maka penataan pelabuhan yang optimal sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan kehidupan ekonomi di Kota Parepare," harap Akbar Ali.

Akbar Ali mengemukakan, dengan infrastruktur kepelabuhanan yang memadai, akan menjadikan Parepare semakin berkembang pesat dan akan menjadi lokomotif ekonomi di Indonesia Timur.

"Dengan pelayanan kepelabuhanan yang lebih baik maka Pelabuhan Parepare akan mengambil posisi yang strategis sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat," tegas Kepala Pusat Strategi Kebijakan Politik Hukum dan Pemerintahan Dalam Negeri, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri ini.

Pelabuhan Parepare merupakan salah satu pelabuhan yang cukup sibuk lalu lintas kapalnya karena menjadi salah satu gerbang kedatangan berbagai jenis kapal seperti kapal Pelni, kapal-kapal barang dan kapal-kapal rakyat.

"Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, izinkan saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Parepare menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat dan Bapak Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan dan jajarannya yang telah memberikan dukungan dalam usaha membenahi Kota Parepare baik infrastruktur maupun peningkatan kualitas hidup masyarakat," kata Akbar Ali.

Harapan Akbar Ali direspons positif Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin. Apalagi Parepare segera memiliki kawasan pergudangan yang representatif bekerjasama dengan PT KIMA.

"Wujudkan itu, gandeng daerah sekitar. Kita kerja bersama bangun pusat pergudangan. Tadi sudah teken MoU dengan PT KIMA untuk pembangunan kawasan pergudangan di Parepare dan sekitarnya, segera mi wujudkan. Karena luar biasa sekali itu. Tidak mungkin pelabuhan besar kalau tidak didukung oleh pergudangan. Bangun gudang basah dan gudang kering. Kita jadikan Parepare kota pusatnya kawasan industri di Sulsel," tandas Bahtiar. (*)

  • Bagikan