Investasi senilai Rp500 Miliar, PDAM Akan Bangun 2 Pipa IPA Minum

  • Bagikan
Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Makassar, Beni Iskandar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Perusahaan Daerah (Perumda) Air Minum ( PDAM) Kota Makassar berencana akan menambah dua pipa instalasi pengolahan air (IPA) minum. Di mana, PDAM memiliki lima IPA Minum dengan kapasitas produksi mencapai 3.150 liter per detik.

Penambahan dua pipa IPA Minum telah diwacanakan sejak tahun 2022 untuk pemenuhan kebutuhan air bersih di wilayah timur dan selatan Kota Makassar.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Makassar, Beni Iskandar mengungkapkan telah ada investor yang berminat untuk membangun dua pipa IPA minum tersebut. Dengan skema pembangunan IPA Minum tersebut yakni bill operate transfer atau BOT.

"Kami sudah mendapatkan investor. Nilai investasinya 1x500 meter itu rata rata di atas Rp500 miliar dengan sistem BOT, biasanya dijangka waktu 30 tahun," terang Beni, Minggu (18/2/2024).

Beni menyebut, pipa IPA minum yang akan disambungkan pipa pada wilayah selatan Kota Makassar yaitu 1x500 meter.

Di mana untuk sumber air IPA minum diwilayah timur Kota Makassar, kata Beni, akan mengambil dari Sungai Tallo.

Ia melanjutkan dengan adanya penambahan IPA Minum ini diestimasikan dapat menjangkau lebih dari 40 ribu penduduk di wilayah timur kota Makassar untuk mendapatkan layanan air bersih.

Tak hanya di wilayah timur Kota Makassar, Beni juga menegaskan untuk di wilayah selatan Kota Makassar yakni Barombong akan disambungkan pipa sepanjag 2x55 meter yang dapat menjangkau 10 ribu pelanggan.

"Potensi pelanggan di Timur kota itu ada 40 ribu pelanggan yang belum mendapat layanan air bersih," tutup Beni. (Shasa/B)

  • Bagikan