Cara Ampuh Mengatasi Tubuh Lemas Agar Kembali Berenergi

  • Bagikan
Ilusrasi seseorang yang lemas

RAKYATSULSEL - Merasa lemas dan lelah (fatigue) merupakan keluhan yang sering ditemukan terutama pada orang yang menginjak usia pertengahan. Rasa lemas dan lelah tidak akan muncul jika tidak ada penyebabnya. Terkadang rasa lelah bisa tetap terasa, meski sudah cukup beristirahat atau tidur.

Penyebab badan lemas, secara umum kondisi badan lemas dapat terbagi menjadi dua, yaitu badan lemas akibat masalah psikis dan badan lemas akibat masalah fisik.

Salah satu faktor penting yang dapat menyebabkan tubuh lemas adalah pola makan yang tidak seimbang. Dikutip melalui website alodokter.com menjelaskan pastikan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan lemak sehat.

Hindari makanan olahan dan tinggi gula, karena mereka cenderung memberikan energi yang cepat habis dan membuat merasa lemas setelahnya. Perhatikan juga asupan cairan dengan memastikan terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Dikutip dari sehatjasmani.id badan lemas adalah kondisi ketika merasa kekurangan energi dan lelah secara fisik maupun mental. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan badan lemas, seperti kurang tidur, stres, kekurangan nutrisi, atau bahkan kondisi medis tertentu.

Untuk mengatasi badan lemas, penting untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan energi.

Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas dapat menyebabkan kelelahan dan badan yang lemas. Pastikan mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya, idealnya antara 7-9 jam.

  • Bagikan