SDN 47 Parepare Sukses Gelar Penilaian SAS dan STS Berbasis Digital

  • Bagikan

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Lagi-lagi, UPTD SDN 47 Kota Parepare melaksanakan gebrakan baru yang cukup inovatif yaitu kegiatan Sumatif Akhir Semester (SAS) 1 dan kegiatan Sumatif Tengah Semester (STS) 2 tahun pelajaran 2023/2024 berbasis digital. Para murid mulai dari kelas 4 s.d. kelas 6 mengikuti SAS dan STS atau yang lebih dikenal di Kurikulum 2013 yaitu Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan menggunakan Chroombook dan Gawai (Android). Kegiatan SAS ini dilaksanakan dengan memanfaatkan Aplikasi Quizziz dan Google Form/GoogleSite.

Penilaian atau asesmen SAS dan STS yang dilaksanakan di sekolah memberikan kemudahan bagi para murid untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru. Sebelum asesmen ini dilaksanakan, pihak sekolah telah menyosialisasikan kepada seluruh orang tua siswa khususnya orang tua siswa yang anaknya sementara duduk di kelas 4, 5, dan 6. Orang tua siswa menyambut dengan baik kegiatan penilaian yang dilakukan sekolah yang berbasis digital ini.

Untuk murid yang masih duduk di kelas 1, 2, dan 3 pihak sekolah masih menggunakan sistem penilaian atau asesmen secara manual dengan menggandakan soal penilaian untuk dikerjakan di kelas masing-masing. Perlu diketahui bahwa penilaian atau asesmen Sumatif Tengah Semester II Tahun zpelajaran 2023/2024 berlangsung mulai tanggal 19 sampai 24 Februari 2024.

Berdasarkan pantauan di kelas, para murid kelihatan sangat antusias dan bersemangat mengikuti penilaian atau assessmen Sumatif Tengah Semester ini yang berbasis digital. Mereka sibuk dengan gawainya masing-masing.

Demi kesuksesan kelancaran kegiatan penilaian berbasis digital ini, pihak sekolah telah menyiapkan fasilitas internet gratis berupa wi-fi atau router. Kemudian ada beberapa orang tua siswa yang juga memfasilitasi putra-putrinya kuota internet untuk membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan ini.

Sudirman Manda, Kepala UPTD SD Negeri 47 Kota Parepare merasa bersyukur atas pelaksanaan asesmen yang berbasis digital ini.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas suksesnya kegiatan asesmen berbasis digital ini. Sudah dua kali kita laksanakan yaitu di penilaian Sumatif Akhir Semester 1 dan pekan ini pada penilaian Sumatif Tengah Semester. Semuanya berjalan dengan lancar. Apresiasi yang setulus-tulusnya kepada Bapak Ibu Guru tekhusus kepada orang tua siswa yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan penilaian berbasis digital ini." Ungkap Sudirman Manda.

Sejak kepemimpinan Sudirman Manda selaku Kepala UPTD SDN 47 Kota Parepare terhitung Maret 2022 sampai hari ini, tercatat sudah 91 penghargaan yang diraih sekolah ini. Penghargaan yang diraih tersebut merupakan prestasi yang dipersembahkan oleh para murid, guru, dan kepala sekolah. Penghargaan yang diraih tersebut mulai dari tingkat kecamatan, tingkat kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional.

Penghargaan yang diraih oleh murid sebanyak 82 penghargaan
Penghargaan yang oleh diraih guru sebanyak 4 penghargaan.
Sedangkan penghargaan yang diraih oleh kepala sekolah sebanyak 5 penghargaan. (*)

  • Bagikan