MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Hadir di Makassar sejak 2022 lalu, kiprah Morris Garage (MG) menjadi angin segar bagi dunia otomotif khususnya di kota Daeng.
Tidak main-main, MG bahkan memasuki pasar otomotif tidak hanya dikategori mobil konvensional tetapi juga mobil listrik dengan ciri khas smart car dan memiliki berbagai kecanggihan.
General Manager PT Sinar Galesong Automobil, Sudarmaji Madani mengungkapkan, selama 2023 penjualan mobil asal Inggris ini mengalami perkembangan cukup signifikan dan cenderung mengalami kenaikan hingga 30 persen jika dibanding 2022 lalu.
"Perkembangan produk MG mengalami kenaikan signifikan, ini dibuktikan dengan Sinar Galesong Automobil selaku main dealer area Sulsel mendapatkan beberapa penghargaan sebagai Best Performance, Best Grup dan Best Bisnis,"ujar Sudarmaji, Kamis (22/2).
Kenaikan ini didukung oleh segmentasi pasar yang mempuni dimana MG menyasar konsumen yang open minded dang gen Z yang peduli akan kecanggihan kendaraan.
"Segmentasi pasar kami masih sama dengan sebelumnya. Produk MG menyasar konsumen yang berada di posisi middle up, namun karena ada program yang menyasar medium low, maka kami memaksimalkan pasar tersebut baik di Manado maupun di Makassar," bebernya.
Kalangan yang membeli produk, biasanya generasi milenial dan cenderung senang hal baru, memiliki jiwa muda dan ingin tampil beda, sosialita, kedokteran dan sebagainya.
Dirinya juga mengungkapkan, untuk produk paling diminati di 2023 berada di posisi 3 lini up yakni SUV medium B dan C dan juga ada sedan Kupon MG 5 . Khusus sedan, share MG cukup tinggi bahkan bisa tembus 2 digit.
Lebih jauh, Sudarmaji mengatakan, MG akan lebih exis di tahun 2024 sebab selain baru di rilis yakni harga mobil listrik menggunakan CBU, lalu di rilis pula mobil listrik produksi Indonesia MG 4 EV crossover MG ZS SUV di harga Rp442.500 hingga Rp462.500, "Harga ini cukup kompetitif untuk segmen mobil listrik," pungkasnya.
Adapun startegi pemasaran di tahun ini, Sudarmaji mengatakan pihaknya masih menyasar segmen sesuai pasar MG dan lebih menjangkau masyarakat Sulawesi. Sedang untuk target di 2024 menurutnya cukup tinggi dan signifikan.
"Targetnya naik 350 persen dibanding pencapaian di 2023 seiring akan adanya lini up 2024 dan adanya pabrikan yang rilis di Indonesia. Harapannya, MG semakin dikenal dan menjadi bagian masyarakat khususnya Sulsel dan Makassar. Disamping itu MG juga bisa menjadi bagian dari pilihan masyarakat dalam rangka mendapatkan fitur dan benefit yang value perpormannya sangat tinggi dari produk MG yang di tawarkan. Selain memiliki karakter desain yang berbeda, safety dan fitur bintang lima yang kami sematkan di MG saat ini," tutupnya. (Hikma/B)