Bappeda Makassar Targetkan Juara Umum Penghargaan Pembangunan Daerah 2024

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Andi Zulkifli Nanda, menetapkan target ambisius untuk menjadi juara umum Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024. 

Pada PPD 2023, Kota Makassar berhasil meraih peringkat ke-4 dengan inovasi Lorong Wisata, namun tahun ini, harapannya tertuju pada inovasi Appakabaji untuk meraih gelar juara umum.

Andi Zulkifli Nanda menyebut bahwa pada masa pemerintahan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada tahun 2018, Pemkot Makassar pernah masuk tiga besar PPD. "Mudah-mudahan dengan hadirnya Appakabaji ini kita bisa menjadi juara nasional tingkat kota. Itu target kita," ujarnya.

Menurut Andi Zulkifli, saat ini Kota Makassar bersama 12 kabupaten/kota lainnya telah masuk dalam nominasi penilaian PPD 2024 tingkat II atau provinsi. Danny Pomanto, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, telah mempresentasikan Appakabaji UMKM, inovasi Dinas Koperasi, kepada tim penilai pada Jumat, 23 Februari kemarin.

Andi Zulkifli juga mengatakan terdapat beberapa catatan dari tim penilai yang perlu diperhatikan agar Makassar bisa mewakili Sulsel dalam penilaian PPD 2024 tingkat nasional. "Memang kita harus memperkuat data-data dan informasi terkait dengan perencanaan. Itu yang harus menjadi PR buat kita," ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Rheza, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, menjelaskan bahwa Appakabaji adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan produk UMKM melalui Inkubator Center. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, sebanyak 2.162 UMKM masuk di tahap pra-inkubasi, namun setelah kurasi klasifikasi, hanya 510 UMKM yang lolos ke tahap inkubasi, dan 113 yang mencapai tahap akselerasi.

"Jadi 113 UMKM ini yang ibaratnya sekolah sudah lulus dan siap bersaing di luar. Bahkan ada yang sudah terdaftar di e-katalog," tambahnya. (Shasa/B)

  • Bagikan

Exit mobile version