Bappeda Kota Makassar Ungkap Inovasi Menuju Low Carbon City di Era Metaverse

  • Bagikan
Kepala Bappeda Kota Makassar, Zulkifli Nanda, acara Rapat Koordinasi dan Supervisi (Rakorsus) Tahun Anggaran 2024, yang digelar di Hotel Four Point by Sheraton, Senin (26/02).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda, mengungkapkan sejumlah inovasi yang akan dilakukan guna mewujudkan visi Kota Makassar sebagai Low Carbon City di era Metaverse. 

Inovasi tersebut disampaikan dalam acara Rapat Koordinasi dan Supervisi (Rakorsus) Tahun Anggaran 2024, yang digelar di Hotel Four Point by Sheraton pada Senin (26/02).

Adapun inovasi tersebut yakni Bappeda akan mengembangkan kawasan Sudirman Loop dengan pembangunan trotoar atau pedestrian guna meningkatkan minat masyarakat untuk berjalan, bersepeda, dan berolahraga.

Selanjutnya, Zulkifli Nanda menekankan komitmen semua SKPD dalam mengadopsi konsep Low Carbon, dengan menyisipkan program-program terkait dalam penyusunan program masing-masing. 

" Penyusunan dokumen perencanaan pun diarahkan untuk mendukung pembangunan rendah karbon," ucap Zulkifli. 

Lanjut, Zulkifli mengatakan  penerapan konsep green building dengan penempatan tanaman di setiap ruangan.

 Sedangkan program terakhir, yakni di lingkup Bappeda Makassar meliputi perubahan pola kerja dan perilaku pegawai, termasuk pemanfaatan sistem digitalisasi e-Office untuk mengurangi penggunaan kertas, penyimpanan data melalui cloud, serta penggunaan bus trans Mamminasata guna mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

Inovasi-inovasi tersebut mencerminkan komitmen Bappeda Kota Makassar dalam menjawab tantangan pembangunan berkelanjutan dan berkontribusi pada upaya mitigasi perubahan iklim, sejalan dengan visi Kota Makassar sebagai Low Carbon City di era Metaverse. (Shasa/B)

  • Bagikan