Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Parepare Berjalan Lancar

  • Bagikan

  • Siap Dibawa Ke Tingkat Provinsi

PAREPARE, RAKYATSULSEL - Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat kota Parepare, akhirnya selesai pada Rabu 28 Pebruari 2024.

Pelaksanaan kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 ini, disaksikan oleh saksi peserta pemilu, serta diawasi oleh Bawaslu Kota Parepare untuk melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang dilaksanakan selama dua hari.

Ketua KPU Kota Parepare Muh Awal Yanto saat menggelar Konferensi Pers yang dihadiri seluruh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU H Santoso mengungkapkan, selama rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara, pihaknya menghadapi kendala-kendala.

Akan tetapi, sambungnya, masih mampu menyelesaikan kendala-kendala tersebut dengan tidak mengabaikan substansi dari rapat pleno terbuka rekapitulasi tingkat Kota.

"salah satu kendala adanya ketidak sesuaian pada data yang akan kami sinkronisasikan kembali. Dan Alhamdulillah disaksikan oleh Bawaslu dan saksi sehingga terselesaikan. Itu salah satu krusial menurut kami, tapi kami diskusikan dengan pihak bawaslu dan kami menindaklanjuti apa yang harus kami lakukan, "paparnya.

Ditambahkan Komisioner KPU Divisi Tekhnis Penyelenggaran dan Informasi, Nur Islah menyampaikan terimakasih kepada seluruh media yang telah membantu dalam memberikan informasi kepada masyarakat, sejak dimulai tahapan pemilu hingga proses rekapitulasi tingkat kecamatan dan tingkat kota ini.

"Terimakasih kepada teman-teman media yangbtelah membantu dalam penyampaian informasi terkait tahapan-tahapan pemilu hingga hari ini. Dan Alhamdulillah proses rekapitulasi perolehan suara ini juga berjalan lancar, "ujar Nur Islah.

Sementara Kendala-kendala atau ketidak sinkronan penulisan KPPS di tingkat Kecamatan, semuanya diperbaiki di tingkat Kota.

"Jadi rekapitulasi tingkat kota ini Alhamdulillah setelah kami cermati, Insya Allah data-data yang sudah ada dan yang ditetapkan Insya Allah sudah benar dan akan kami bawa ke tingkat provinsi, "jelasnya.

Menurut Hasil Rekapitulasi, perolehan suara untuk Presiden/Wakil Presiden nomor urut 1 mendapat perolehan suara sebanyak 35.643, sementara pasangan nomor urut 2 lebih unggul yaitu 52.973, dan pasangan nomor urut 3 memperoleh 3.747 suara.

Sementara untuk hasil rekapitulasi pemilihan legislatif pada Dapil 1, H Suyuti memperoleh suara terbanyak yaitu 2.628 suara, Untuk Dapil 2 yaitu Asy'ari Abdullah dengan perolehan suara 2.672, Sementara Dapil 3 Kamaluddin Kadir sebanyak 2.241 suara, untuk Dapil 4 yaitu Ahmad Zulfikar Zuhdy, 2.917.(Yanti)

  • Bagikan