Kepala Bappeda Makassar Hadiri USAID Clean Cities Blue Ocean 

  • Bagikan
Kepala Bappeda Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda menghadiri acara USAID Clean Cities Blue Ocean (CCBO) di Makassar, Selasa (19/3).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Andi Zulkifli Nanda menghadiri acara USAID Clean Cities Blue Ocean (CCBO) di Makassar, Selasa (19/3).  

Pada kesempatan tersebut juga, dihadiri oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, yang sekaligus menyatakan siap berkomitmen membawa Makassar menjadi kota Low Carbon City. 

Ia menyebut sudah banyak program Pemkot Makassar untuk mensupport kota dengan rendah karbon itu.

Seperti, baru-baru ini, pihaknya meminta seluruh camat dan lurah diminta untuk memasukkan data potensi retribusi sampah yang ada di wilayahnya masing-masing.

Ia ingin menata ulang manajemen persampahan Kota Makassar. Retribusi sampah untuk kategori bisnis dan industri harus mendapat intervensi karena potensinya cukup besar dibandingkan sampah kategori rumah tangga.

Selain itu, tahun ini Danny juga akan memasang banyak panel surya di kantor-kantor kelurahan dan kecamatan juga di sekolah-sekolah.

Tercatat, sekitar 500 lebih gedung yang siap dipasangi panel surya termasuk kelurahan dan kecamatan.

Juga ada transportasi publik listrik dan ramah lingkungan Commuter Metromoda (Co’mo). Timnya sedang mempersiapkan Co’mo dengan mesin dan desain yang lebih baik dari sebelumnya.

Uniknya baterai Co’mo sudah menggunakan sumber dua panel surya sehingga mampu mengisi daya secara mandiri tanpa listrik PLN. 

  • Bagikan