Partisipasi Pemilih 2024 di Sulsel Lampaui Target Nasional

  • Bagikan
Komisioner KPU Sulsel bersama Komisioner KPU RI usai rekapitulasi tingkat nasional di Jakarta.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel mencatat, partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya. Jika dibandingkan 2019, peningkatan angka partisipasi melampaui target nasional.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulsel, Hasruddin Husain mengatakan, partisipasi pemilih di Sulsel pada pemilu 2024 telah melampaui target nasional dengan pencapaian partisipasi diatas 80 persen.

"Partisipasi pemilih pada pemilu 2024 Di Sulawesi Selatan, lampaui target Nasional," ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Hal itu disampaikan, pasca KPU Sulsel telah menyelesaikan tahapan Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara untuk tingkat Provinsi dan nasional pada hari Kamis, di Jakarta.

Berdasarkan hasil penghitungan Pengguna Hak Pilih dalam DPT, DPTb dan DPK berbanding jumlah Daftar Pemilih Tetap. Maka tingkat Partisipasi Pemilu 2024 untuk setiap tingkatan pada Pemilu 2024 sangat maksimal.

"Jenis pemilihan Presiden dan Wakil Presiden capai 80,57%, jenis Pemilihan DPR RI yakni 80,36%, dan jenis Pemilihan DPD RI caoai 80,43%, serta jenis Pemilihan DPRD Provinsi 80,32%,"  jelasnya.

Hasruddin Husain mengatakan, bahwa jika melihat grafis capaian Partisipasi setiap tingkatan, maka dapat disimpulkan bahwa KPU Sulawesi Selatan mencapai lebih dari target partisipasi Nasional yaitu target 80%.

  • Bagikan