Terbuat dari Kayu, Masjid Luar Negeri Ini Masih Berdiri Kokoh Meski Telah Berusia 300 Tahun!

  • Bagikan
Masjid Talok Manok di Thailand yang berusia lebih dari 300 tahun.

Masjid Telok Manok berdiri sejak 1768 di pengujung kekuasaan Kesultanan Patani. Masjid tersebut direnovasi oleh Wan Hussein Az Sanawi pada 1960-an. Kemudian direnovasi kembali pada 2014 oleh Pemerintah Thailand.

Terdapat sungai yang sangat jernih di dekat masjid Telok Manok. Konon katanya, dulu sungai tersebut dijadikan sebagai tempat berwudu bagi jemaah ulama Al Hussein. Akses jalan di masjid tersebut sangat sempit dengan jalan menanjak.

Pembangunan Masjid Telok Manok sangat menarik. Pasalnya bahan baku keseluruhan masjid berasal dari kayu. Bahkan teknik pembangunan tidak memakai paku besi, namun dengan sistem interloking antara satu kayu dengan lainnya.

Bentuk bangunan masjid Telok Manok juga unik tidak seperti masjid pada umumnya. Lantaran tidak memiliki kubah dan ciri-ciri lain, namun hanya berbentuk seperti atap rumah atau istana dengan kombinasi fitur arsitektu Melaryu, Thailand, Tiongkok, dan Champa.

Meskipun hanya dengan berbahan baku kayu, Masjid Telok Manok dapat bertahan hingga ratusan tahun. Ukiran-ukiran dan gaya arsitektur masih memiliki nilai sejarah, meskipun sudah beberapa kali dilakukan renovasi.

Masjid yang dibangun seperti rumah panggung itu, tidak pernah dilakukan renovasi total. Karena masyarakat sekitar ingin mempertahankan nilai sejarah dan estetika yang dimiliki masjid Telok Manok dari zaman dahulu. (JP/RAKSUL)

  • Bagikan

Exit mobile version