Masyarakat Desa Lipukasi Dapatkan Layanan Administrasi Tanpa Harus Ke Kantor BPJS Kesehatan

  • Bagikan

BARRU, RAKYATSULSEL - Sebagai upaya dalam memberikan pelayanan terbaik, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Parepare kembali menggelar layanan jemput bola yang dikemas dalam kegiatan BPJS Keliling di Desa Lipukasi Kabupaten Barru, Selasa (26/03).

BPJS Keliling merupakan layanan yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan memudahkan masyarakat yang tempat tinggalnya berada jauh namun membutuhkan layanan administrasi. BPJS Keliling menawarkan berbagai jenis pelayanan bagi masyarakat sekitar mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Andi Rismaniswati Syaiful menjelaskan bahwa layanan BPJS Keliling ini memang disediakan untuk menjangkau peserta JKN maupun masyarakat yang belum terdaftar pada program JKN agar bisa mengakses layanan administrasi. Melalui program BPJS Keliling, diharapkan masyarakat setempat dapat lebih mudah mengurus administrasi program JKN di seluruh wilayah Indonesia.

“BPJS Keliling ini rutin dilaksanakan setiap hari di wilayah kerja BPJS Kesehatan. Layanan yang sebelumnya dikenal dengan Mobile Customer Service (MCS) ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena cukup hemat biaya dan waktu,” ungkap Andi Rismaniswati.

Andi Rismaniswati menyampaikan, jika pihaknya secara aktif berkoordinasi dengan pemerintah desa agar bisa terjun langsung kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi dan layanan JKN. Layanan ini juga sering digelar pada titik-titik lokasi strategis, pusat kota bahkan daerah yang jangkauan warganya cukup jauh ke kantor BPJS Kesehatan.

Aan Ade Kusuma, salah satu masyarakat Desa Lipukasi yang sangat antusias menyambut petugas BPJS Keliling. Ia sangat senang karena wilayah tempat tinggalnya dikunjungi demi memudahkan dalam pelayanan administrasi BPJS Kesehatan. Meskipun jaraknya tergolong dekat dengan Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Barru, tapi dengan berbagai kesibukan, sehingga warga sekitar sulit menyempatkan waktu untuk datang berkunjung.

“Kegiatan ini benar-benar memudahkan kami, mungkin karena jaraknya dekat dengan kantor BPJS Kesehatan, jadi terkadang kami menganggap enteng sampai akhirnya lupa melakukan pengurusan administrasi. Tadi saya juga melakukan pengecekan status kepesertaan JKN milik saya dan keluarga, sambil bertanya terkait isu terbaru yang sering saya dengar tentang Program JKN,” terang Aan.

Senada dengan Aan, Ristal merasa sangat terbantu dengan adanya layanan BPJS Keliling ini, ia melakukan perubahan segmen kepesertaan, tanpa harus ke kantor.

“Saat itu saya melakukan peralihan kepesertaan yang sebelumnya tanggungan kantor menjadi tanggungan mandiri, saya kira proses akan memakan waktu lama ternyata tidak sama sekali. Saya rasa Program JKN ini sangat penting, jadi tidak perlu ragu menyisihkan sebagian penghasilan demi kesehatan,” tutur Ristal.

Menurut Ristal, pelayanan yang diberikan oleh pegawai yang bertugas sangat memuaskan, ia dengan ramah membantu pengurusan administrasi dan menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh warga yang berkunjung terkait prosedur saat ingin mengakses layanan kesehatan menggunakan Program JKN.

Pada kegiatan jemput bola ini, Ia bersama masyarakat lainnya dipandu oleh pegawai yang bertugas untuk mengunduh hingga melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN. Mereka diedukasi untuk menggunakan berbagai fitur yang semakin memudahkan peserta JKN.

Ristal berharap Program BPJS Keliling ini terus berlanjut dilaksanakan hingga ke pelosok agar semakin banyak masyarakat yang terbantu. Di akhir perbincangan, ia berharap Program JKN dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga masyarakat di luar sana bisa merasakan manfaat program ini seperti saya dan keluarga yang sudah memanfaatkannya dengan berbagai layanan kesehatan tanpa harus memikirkan biaya tambahan lagi,” tutup Ristal. (*)

  • Bagikan