7 Keterampilan Ini Penting untuk Masa Depan Anak: Ajarkan Mulai Sekarang!

  • Bagikan
Ilustrasi Anak Menabung Sejak Dini

RAKYATSULSEL – Keterampilan hidup adalah pelajaran berharga yang akan digunakan anak-anak untuk sepanjang hidup mereka.

Agar anak memahami keterampilan hidup maka orang tua perlu mengajari dan membekalinya.

Pasalnya banyak orang tua yang tidak mempedulikan soal keterampilan hidup sehingga anak beranjak remaja hingga dewasa belum sepenuhnya bisa menghadapi kehidupan nyata baik di lingkungan sosial dan pendidikan.

Tak sedikit anak yang kurang memahami dan menguasai keterampilan mulai dari manajemen waktu, manajemen keuangan, memecahkan masalah, kebersihan pribadi dan skill komunikasi.

Dilansir dari laman Very Well Family, terdapat beberapa keterampilan hidup yang harus diajarkan kepada anak diantaranya :

  1. Keterampilan Pengambilan Keputusan

Hal pertama yang harus diajarkan kepada anak yaitu keterampilan tentang mengambil keputusan yang terbaik. Anak bisa diajarkan mulai dari hal yang paling sederhana.

Misalnya anak diberi pilihan dasar seperti es krim coklat dengan es krim vanilla, kaus kaki biru atau kaus kaki putih dan bermain mobil atau kereta api.

Apabila dari kecil sudah dibiasakan untuk menghadapi 2 pilihan dan memilih mana yang terbaik maka ketika dewasa memiliki kemampuan dalam menentukan keputusan yang terbaik untuk perkara yang besar.

  1. Kesehatan dan Kebersihan

Orang tua bisa mengajari tentang kesehatan dan kebersihan mulai dari hal sederhana misalnya mandi minimal dua kali sehari, menggosok gigi, mencuci tangan, dan mengganti pakaian dalam.

Untuk mengoptimalkan hal tersebut, anak bisa diberi pemahaman terkait alasan harus menjaga kebersihan dan kesehatan.

  1. Manajemen Waktu

Keterampilan hidup lain yang harus diajarkan kepada anak yaitu tentang manajemen waktu. Manajemen waktu ini bertujuan agar belajar cara mengukur waktu, mengerjakan tugas, dan menepati jadwal.

Anak bisa diajarkan mengatur waktu dari hal sederhana misalnya bangun pagi agar tidak telat berangkat sekolah. Dari sini anak lambat laun akan mengerti alasan mengatur waktu bangun pagi tepat waktu.

  1. Manajemen Keuangan

Orang tua bisa mengenalkan anak tentang manajemen keuangan mulai dari tentang cara menabung, membelanjakan uang dengan bijak dan membuat perubahan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, anak juga perlu diberi pemahaman terkait menggunakan cek, kartu kredit, dan aplikasi tunai.

  1. Persiapan Makan

Anak juga perlu diajari tentang menyiapkan makanan sejak dini minimal usia balita. Dimulai dari hal yang sederhana yaitu cara menyiapkan sandwich dan anak anak bisa diajarkan cara menggunakan microwave.

Seiring bertambahnya usia tentu bisa diajari hal lain misalnya merebus, menggoreng dan sebagainya.

  1. Mencuci

Setelah itu dilanjutkan untuk memberikan anak pemahaman tentang cara melipat baju dan menyimpan cucian dengan baik.

Keterampilan hidup yang lain adalah tentang mencuci pakaian. Baik menggunakan mesin cuci atau manual.

  1. Perbandingan Belanja

Anak mungkin sering diajak untuk berbelanja namun tidak sedikit orang tua lupa untuk mengajari anak tentang membandingkan harga, memilih produk yang bagus, dan tips agar mendapatkan harga murah untuk menghemat.

Anak juga perlu diberi pemahaman tentang diskon harga dalam suatu produk agar tidak mudah tertipu dengan harga murah saja.

Terkadang harga murah hanya permainan marketing toko yang jarang diketahui oleh anak-anak. (jp/raksul)

  • Bagikan

Exit mobile version