Peringati Hari Bumi, Pemprov Sulsel Imbau ASN Jadi Pelopor Giat Sedekah dan Penanaman Pohon Serentak

  • Bagikan
Pj Sekprov Sulsel, Andi Muhammad Arsjad

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pj Sekprov Sulsel, Andi Muhammad Arsjad mengimbau ASN Pemprov Sulsel untuk menjadi pelopor pada giat sedekah dan penanaman pohon serentak pada 22 April 2024 mendatang, Peringatan Hari Bumi.

“Pj Gubernur Sulsel Bahtiar berharap, teman pegawai terutama ASN bisa menjadi pelopor kegiatan menanam, termasuk sedekah pohon,” ungkapnya, Selasa (16/4/2024).

Kata dia, penanaman pohon tentu dapat disadari sedini mungkin sebab apa yang  terjadi akhir-akhir ini yang berkaitan dengan bencana alam juga tidak lepas dari perilaku manusia di hari sebelumnya.

Ia membeberkan, penanaman pohon serentak di Sulsel pada Hari Bumi nanti, akan menjadi agenda wajib bagi para ASN.

“Di peringatan hari bumi tanggal 22 april ini, di Wajo nanti seluruh ASN diwajibkan untuk menanam,” tegasnya.

Bahkan kata diam Pemprov Sulsel juga telah memberi tembusan kepada Dinas Pendidikan Sulsel sebagai pengasuh pendidikan SMA sederajat dan Kemenag Sulsel sebagai pengasuh pendidikan Madrasah agar para peserta didik dapat berpartisipasi nanti.

“Anak-anak sekolah kita dilatih dibiasakan untuk menanam,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Andi Hasbi Nur menyampaikan Pemprov Sulsel sendiri telah menyiapkan dua juta pohon untuk menyambut Hari Bumi se-dunia pada 22 April mendatang.

Kata dia, atensi untuk DAS dengan menanam pohon merupakan langkah konkrit dalam menjaga flora dan fauna.

Sebab, tumbuhan tentu dapat tumbuh dengan baik ketika pohon menjadi pagar utama dalam ketersediaan cadangan air dan kualitas tanah, sebab akan pohon akan menahan tanah agar tak terjadi pergeseran tanah hingga zat haranya.

Pun untuk jenis hewan, seperti Ikan dan hewan air lainnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika kualitas air terjaga.

“Kekeruhan air sangat dipengaruhi oleh kualitas tutupan hutan atau pun lahan, zat hara tanah juga akan terbawa arus air hujan jika tidak ada pohon yang menahan,” tuturnya. (Abu/A)

  • Bagikan