Mengenal Melukat, Ritual di Bali yang Jadi Salah Satu Agenda WWF

  • Bagikan
Ilustrasi tradisi melukat oleh masyarakat Bali.

RAKYATSULSEL - Jelang pelaksanaan pertemuan global World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan dilaksanakan di Bali pada 18-25 Mei mendatang, salah satu ritual unik yakni Melukat telah menjadi agenda dalam acara tersebut.

Untuk diketahui, Melukat adalah ritual pembersihan diri dan memuliakan air yang biasa dilakukan umat beragama Hindu di Bali.

Wisata spiritual tersebut rupanya akan mengisi salah satu agenda acara bagi para tamu undangan yang berasal dari 172 negara.

Dengan tema ‘Water for Shared Prosperity’, forum pertemuan global tersebut akan membahas mengenai isu-isu dan permasalahan air dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut, ritual Melukat dipilih karena kaitannya akan ritual memuliakan air.

“Karena sesuai namanya World Water Forum itu tentang air maka salah satu yang ditawarkan pemurnian menggunakan air yakni melukat,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Bali, Made Indra seperti dikutip antaranews.com oleh Jawapos.

Sementara diketahui, melukat sendiri memiliki arti pembersihan secara jasmani dan rohani, yakni jiwa serta pikiran manusia sebagai alam terkecil dan alam semesta dengan menggunakan media air.

  • Bagikan