Kalak BPBD Sulsel MintaWaspadai Longsor

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL- Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Amson Padolo mengimbau masyarakat untuk mawas diri jika berada pada daerah yang rawan terjadi longsor.

Ia mengatakan, beberapa wilayah berdasarkan perkiraan saat ini bakal terjadi cuaca buruk terjadi di sejumlah wilayah Sulsel.

“Menyikapi kondisi cuaca yang dimana hujan di daerah tertentu yang lebat. Kita mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang berada di daerah yang rawan bencana seperti di daerah perbukitan, tebing senantiasa meningkat kewaspadaan,” tuturnya Kepada Rakyat Sulsel, Minggu (28/4/2024).

Ia menuturkan, sebelum terjadinya bencana longsor itu acap kali diawali dengan tanda-tanda yang bisa diamati seperti ada gerakan tanah yang labil di sekitar wilayah tersebut.

Tak hanya kewaspadaan masyarakat, Pemerintah Daerah juga diimbau untuk senantiasa membuat assesment terutama daerah yang rawan longsor agar bisa menjadi mitigasi awal untuk meminimalisir dampak buruknya, terutama korban jiwa.

“Kita meminta juga pemda yang daerahnya rawan bencana longsor dan banjir agar senantiasa memperhatikan dan mengasesmen lokasi-lokasi atau wilayahnya yang rawan bencana. Untuk itu, sangat penting adanya pemetaan daerah yang rawan longsor,” paparnya.

Tak hanya itu, Pemda juga diminta memastikan kesiapan lumbung sosial sebagai penyuplai terutama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memudahkan intervensi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti persediaan makanan dan pelayanan kesehatan yang sigap.

Sementara itu, Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar Agus memaparkan sejumlah daerah masih rawan hujan lebat.

Kata dia, per Minggu, 28 April, Sulsel bagian utara dan timur berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat, meliputi wilayah Luwu Raya dan sekitarnya.

Ia membeberkan, pada pagi hari wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan adalah Kabupaten Sinjai, Bone, Maros, Pangkep, Makassar, Barru, Soppeng.

Lalu di Gowa, Kepulauan Selayar, dan Luwu Utara.

Lalu pada siang hingga sore hari wilayah yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang adalah Kabupaten Bone, Gowa, Enrekang, Luwu Timur, Luwu Utara.

Sementara, wilayah lainnya di Sulsel berpotensi hujan ringan.

Kemudian, untuk malam hari wilayah yang berpotensi terjadi hujan ringan adalah Luwu Utara, Luwu, Palopo, Enrekang, Sidrap, Bone, Bantaeng, Gowa, Takalar, dan Kepulauan Selayar.

Namun, untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang adalah Kabupaten Sinjai, Bulukumba, dan Wajo.

“Untuk suhu udara berkisar antara 20 sampai 33 derajat celcius,” pungkasnya. (Abu/B)

Ketfo : Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Amson Padolo

  • Bagikan

Exit mobile version