Pengolahan Limbah Sawit akan Dibangun di Lutra dan Lutim

  • Bagikan

MAKASSAR RAKYATSULSEL- PT Perseroda Sulsel akan membangun pengolahan limbah kelapa sawit di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dan Luwu Timur (Lutim).

Plt Direktur Utama PT Sulsel Citra Indonesia (SCI), Machmud Achmad mengatakan, pengolahan limbah pengolahan kelapa sawit itu akan mengolah limbah menjadi pupuk hayati.

"Jadi pabrik sawit itu menghasilkan limbah. Nah ini limbah organik dari sawit diolah menjadi pupuk," tuturnya, Minggu (28/4/2024).

Ia menjelaskan, tak hanya dampak lingkungan, pengolahan limbah sawit itu juga menambah nilai jual dari produksinya, terutama untuk pasar ekspor.

Sebab, kata dia, dalam aturan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), limbah sawit harus bersih agar tidak menghasilkan emisi karbon yang juga menjadi salah satu hukum pasar pada rana industri, terutama perdagangan kanca internasional.

“Lebih jauh bisa menjadi sumber ekonomi baru untuk dijual ke petani sawit. Bahkan pupuk ini mampu merangsang pohon sawit menghasilkan buah lebih berkualitas,” ujarnya.

Ia mengutarakan, pengolahan limbah pengolahan sawit itu rencana akan menyerap limbah pengolahan kelapa sawit yang diproduksi oleh pabrik pengolahan sawit yang juga akan dibagun di Kabupaten Wajo.

“Jadi kita tidak hanya membangun pabrik pengolahan saja, kita juga perhatikan pembangunan pengolahan limbahnya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin terus mendorong PT Perseroda Sulsel menjadi mitra Pemda membangun Sulsel pada sektor perekonomian.

Ia mengatakan, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Perseroda dituntut untuk mampu mengelola potensi ekonomi Sulsel. Kendati demikian, Perseroda diharapkan tidak bersaing dengan masyarakat.

"SCI tidak boleh bersaing dengan masyarakat, dalam menggarap usaha, yaitu mencari pengelolaan ekonomi yang tidak dilakukan oleh masyarakat," sebutnya.

Ia memberikan Apresiasi Kepada PT SCI atas penandatangan Kerja Sama (PKS) dengan perusahan asing dari Malaysia yang bergerak pada pengolahan kelapa sawit. (Abu/B)

Ketgam : Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin menyaksikan penandatanganan kontrak kerjasama Perseroda Sulsel dan investor Malaysia di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, beberapa waktu lalu.

  • Bagikan

Exit mobile version