Ada 3 Cara Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Kontak Lensa

  • Bagikan
Resiko Pemakaian Softlens

RAKYATSULSEL – Lensa kontak menjadi salah satu alternatif bagi pengguna yang membutuhkan koreksi penglihatan. Selain itu pemilihan lensa kontak juga yang dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna seperti lebih ringan dan jarak pandang lebih luas.

Namun pemilihan lensa kontak yang kurang tepat dapat menyebabkan iritasi mata bahkan menyebabkan infeksi. Informasi yang dihimpun dari American Academy of Ophthalmology, ada beberapa cara menjaga kesehatan mata bagi pengguna kontak lensa.

Pertama, gosok perlahan kontak lensa, tapi pastikan cuci tangan terlebih dulu. Menggosok lensa akan menghilangkan protein dan bakteri menumpuk.

Kedua, bilas lensa dengan air khusus yang bisa dibeli optik. Selalu bilas dan simpan lensa kontak dalam larutan yang dibeli di toko. Jangan rendam atau bilas kontak lensa dengan larutan garam yang dibuat sendiri. Sebab, dikhawatirkan larutan garam buatan sendiri mengandung kuman berbahaya dan membahayakan mata.

Ketiga, rutin ganti kontak lensa. Ganti kotak lensa kontak dengan yang baru setidaknya tiga kali setahun. Keempat, sesekali kasih waktu istirahat untuk mata dari lensa kontak.

Jika biasa tidur dengan kontak lensa, direkomendasikan untuk menghentikan kebiasaan buruk itu. Hal itu berisiko menginfeksi mata. Apabila lensa kontak sudah waktunya ganti, jangan menunda untuk mengganti kontak lensa.

Direktur Utama AAM Juliwaty mengatakan, market kontak lensa di Indonesia masih menunjukkan catatan yang positif. Karena itu, AAM tak ingin kehilangan kesempatan untuk ikut meramaikan market kontak lensa.

Juliwaty mengungkapkan, penting untuk memilih kontak lensa yang membuat mata menjadi lebih nyaman dan aman.

”Tahun ini, kami berkolaborasi dengan Alcon meluncurkan PRECISION 1,” tutur Juliwaty.

Commercial Manager Alcon Sanaullah Soomro mengatakan, PRECISION1 dibekali dengan teknologi smartsurface. Direkomendasikan untuk pengguna yang banyak menghabiskan waktu dengan durasi lama di depan komputer, handphone, hingga digital device lainnya. (jp/raksul)

  • Bagikan

Exit mobile version