Tangan dan Mulut Bau? Berikut Cara Ampuh Menghilangkan Bau Usai Menikmati Durian

  • Bagikan
Ilustrasi.

RAKYATSULSEL – Durian merupakan buah yang kaya akan rasa dan aroma yang kuat, sehingga seringkali meninggalkan bau yang tahan lama pada tangan dan mulut setelah dikonsumsi. Meskipun banyak yang menyukai rasa dan tekstur unik durian, menghilangkan bau yang menyengat setelah menikmati buah ini seringkali menjadi perhatian.

Diketahui bahwa telah dilakukan penelitian di Technical University of Munich Jerman dengan hasil bahwa aroma durian yang menyengat berasal dari kandungan asam amino yang bernama etionin. Kandungan tersebut melepaskan senyawa sulfur volatil (VSC) yang menghasilkan bau menyengat pada buah durian.

Bagi Anda penyuka buah durian pasti sudah tidak asing dengan tips yang cukup populer agar mulut tidak bau setelah makan durian. Tips tersebut yaitu minum dan cuci tangan dengan kulit durian. Walaupun sebagian orang menganggap hal tersebut mitos, namun faktanya penelitian yang telah dilakukan di Universitas Indonesia mengungkap bahwa kulit durian mengandung senyawa 5-Hydroxymethylfurfural (5-­HMF) yang dapat menetralkan senyawa sulfur penyebab bau durian.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara menghilangkan bau durian dengan minum dan cuci tangan menggunakan kulitnya harus dilakukan dengan cara yang tepat. Tips melakukannya yaitu dengan menuangkan sedikit air matang bersuhu hangat pada bagian dalam kulit durian lalu gosok dengan ujung jari agar lapisan lilin alaminya terlepas. Setelah itu, minumlah sebagian air dalam kulit durian tersebut dan gunakan sisa air tersebut untuk mencuci tangan.

Lapisan lilin yang terdapat pada bagian dalam kulit durian merupakan mekanisme alami yang menjaga agar aroma daging durian tetap utuh sebelum durian dibuka. Hal tersebut membuat lapisan lilin dalam kulit durian bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau yang tertinggal di mulut dan tangan.

Meski begitu, minum dan cuci tangan menggunakan kulit durian tidak sepenuhnya efektif bila aroma durian matang terlalu kuat sehingga Anda perlu mengimbanginya dengan melakukan berbagai cara lain.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau durian pada tangan yaitu mencuci tangan dengan sabun cuci tangan yang mengandung bahan antiseptik dan air mengalir secara menyeluruh setelah menikmati durian. Gosok tangan dengan sabun untuk menghilangkan minyak dan aroma durian yang menempel pada kulit. Selain itu, adapun beberapa bahan yang ampuh menyingkirkan bau durian di tangan seperti air perasan lemon, daun kemangi, dan ampas kopi.

  • Bagikan

Exit mobile version