Ampuh! 10 Cara Mengatasi Masalah Nyeri Haid pada Perempuan Secara Alami

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang yang mengalami nyeri saat haid.

RAKYATSULSEL - Perempuan remaja dan dewasa mengalami menstruasi setiap bulannya. Bagi sebagian kaum hawa, ketika menstruasi kerap mengalami sakit. Hal itu membuat mereka tidak nyaman. Bahkan ada yang terpaksa berdiam diri sepanjang hari.

Nyeri haid atau dismenore adalah salah satu masalah yang umum dialami oleh banyak perempuan. Rasa tidak nyaman ini dapat mengganggu aktivitas hidup sehari-hari.

Meski begitu, ada berbagai cara alami dan efektif yang bisa dicoba untuk mengurangi nyeri haid tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia.

Dilansir KlikDokter dan Siloam Hospitals, berikut beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid:

Kompres Hangat

Jika mengalami nyeri haid yang hebat, coba gunakan kompres hangat untuk meredakannya. Isi botol kaca dengan air hangat dan tempatkan di atas perut sebagai kompres. Pastikan untuk tidak menggunakan botol yang terlalu panas secara langsung di perut. Gunakan kain sebagai pelindung kulit. Suhu hangat dapat membantu mengendurkan otot rahim yang tegang. Hal itu dapat membantu mengurangi nyeri haid. Lakukan secara berkala hingga merasa lebih nyaman.

Kompres Dingin

Efek dingin dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit dan menurunkan aktivitas metabolisme, sehingga mengendalikan perdarahan dan pembengkakan serta mengurangi rasa sakit.

Selain handuk dingin, dapat juga menggunakan cold pack atau kantong berisi es atau air dingin untuk melakukan kompres. Perlu diingat, penggunaan kompres dingin yang berlebihan dapat menyebabkan nekrosis atau kematian sel pada jaringan kulit. Disarankan untuk tidak melakukan kompres dingin selama lebih dari 30 menit.

Akupuntur

Akupuntur merupakan metode pengobatan tradisional yang melibatkan penggunaan jarum tipis yang ditempatkan pada titik-titik tertentu di tubuh untuk merangsang saraf di area tersebut. Tujuannya adalah untuk meredakan kram yang disebabkan oleh menstruasi.

Selain memicu pelepasan endorfin, akupuntur juga dapat mengurangi peradangan dan membantu menginduksi rasa relaksasi. Namun, penting untuk melakukan akupuntur dengan terapis yang profesional karena tidak boleh dilakukan sendiri.

Cari Posisi Nyaman

Untuk meredakan nyeri haid, berbaring dengan kaki sedikit diangkat dan ditopang dengan bantal atau objek lainnya. Alternatif lain adalah berbaring dalam posisi miring dengan lutut ditekuk.

Menurut penelitian dari British Medical Journal Open, tidur dalam posisi miring dapat mengurangi gejala nyeri punggung dan mengurangi tekanan pada perut, sehingga membuat merasa lebih nyaman.

Mencukupi Cairan Tubuh

Kram saat haid seringkali disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak sekitar 2 liter setiap hari.

Sebagai alternatif minuman, konsumsi jus buah tanpa tambahan gula karena buah memiliki rasa manis alami. Selain itu, minuman lemon hangat atau jahe juga dapat dikonsumsi sebagai asupan tambahan karena keduanya memiliki efek menenangkan yang dapat membantu mengurangi nyeri haid.

Atur Pola Makan

Coba konsumsi makanan yang tinggi akan asam lemak omega-3 dan nutrisi lainnya, serta hindari makanan yang mengandung lemak jahat, gula, dan garam dalam jumlah berlebihan. Hindari juga konsumsi kafein, soda, dan cokelat untuk mencegah memperparah kram perut.

Olahraga Ringan

Melakukan latihan ringan seperti jalan santai di pagi hari atau yoga bisa membantu mengurangi nyeri haid dengan merangsang pelepasan endorfin, hormon yang mengurangi rasa sakit dan membuat Anda merasa lebih baik.

Pijat Perlahan

Salah satu cara mengatasi nyeri haid adalah dengan melakukan pemijatan lembut pada perut bagian bawah. Cobalah memijat dengan gerakan memutar searah jarum jam menggunakan ujung jari.

Gunakan minyak bayi, krim, atau minyak aromaterapi untuk mempermudah pemijatan. Minyak aromaterapi tidak hanya membantu dalam proses pemijatan tetapi juga memberikan efek relaksasi yang dapat meredakan nyeri haid.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat meredakan nyeri haid karena membantu tubuh dan otot rileks. Penting untuk mengontrol durasi mandi terutama untuk kulit kering agar tidak berlebihan. Disarankan untuk tidak terlalu lama berendam demi menjaga kelembaban kulit.

Konsumsi Suplemen

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D, E, B1, dan B6 dapat mengurangi nyeri haid. Selain mendapatkannya dari makanan sehari-hari, Anda juga bisa memperolehnya melalui suplemen untuk meningkatkan efeknya.

Kurangi Stres

Stres dapat memperparah kram perut, jadi disarankan untuk menguranginya. Ada cara alami untuk mengatasi nyeri haid seperti meditasi, pernapasan dalam, atau menemukan hobi baru. Cara yang sederhana adalah dengan menutup mata, bernapas dalam-dalam, dan membayangkan suasana ruangan yang tenang dan aman.(JP/RAKSUL)

  • Bagikan

Exit mobile version