Awal Baik 2024, Danamon Catat Pertumbuhan Dobel Digit Lending dan Funding

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengumumkan pencapaian kinerja keuangan pada kuartal I tahun 2024 dengan menunjukkan kemajuan yang signifikan pada pertumbuhan lending dan funding.

Direktur Utama PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Daisuke Ejima menjelaskan, Danamon mencetak Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) konsolidasi sebesar Rp831 miliar, meningkat 2 persen secara Year-on-Year (YoY).

Laju, kenaikan laba yang konsisten ini mencerminkan ketahanan finansial dan kekuatan strategis Danamon di tengah kondisi perekonomian yang berfluktuasi. Pendapatan Operasional Danamon tumbuh sebesar 8% YoY menjadi Rp4,7 triliun.

Sementara itu, Pre-Provisioning Operating Profit (PPOP) meningkat 14% YoY menjadi Rp2,3 triliun, hal ini menunjukkan efisiensi bank dalam mengelola operasi intinya dan memperkuat fondasinya untuk pertumbuhan investasi di masa depan.

"Danamon juga membukukan rekor tertinggi dalam portofolio pinjamannya, dengan Total Kredit dan Trade Finance mencapai Rp179,7 triliun, atau meningkat sebesar 18 persen YoY didorong oleh pertumbuhan dari seluruh segmen bisnis. Dari sisi pendanaan, Danamon mencatatkan peningkatan total dana pihak ketiga sebesar 14% YoY menjadi Rp143,2 triliun. Meskipun pertumbuhan pendanaan beralih ke Deposito Berjangka ditengah situasi tingkat suku bunga yang lebih tinggi, Granular Funding dapat tumbuh sebesar 12% YoY," jelasnya.

Sejalan dengan pertumbuhan kredit, Danamon terus berupaya menjaga kualitas aset yang sehat yang tercermin pada beberapa indikator kunci meliputi: Rasio Loan at Risk (LAR) (termasuk restrukturisasi Covid-19 yang masih direlaksasi) membaik sebesar 70 basis poin (bps) YoY menjadi 12%; Rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) berhasil meningkat menjadi 261,8%, dari 254,2% pada tahun sebelumnya; dan Rasio NPL – gross juga membaik sebesar 20 bps YoY menjadi 2,2%.

“Pencapaian ini merupakan awal yang baik pada tahun 2024. Ke depannya, Danamon akan terus bertumbuh sebagai Financial Group bersama dengan anggota lain dari Grup MUFG untuk mendukung pertumbuhan seluruh stakeholders dan perekonomian Indonesia," lanjut dia.

  • Bagikan

Exit mobile version