Anak Terjatuh? Tetap Tenang dan Lakukan Cara Ini!

  • Bagikan
Ilustrasi Seorang Bayi

RAKYATSULSEL - Saat anak semakin besar, orangtua harus lebih berhati-hati dan memperhatikan perilaku si Kecil, termasuk saat ia sedang tidur. Ada saat-saat di mana bayi bisa menjadi sangat aktif.

Oleh karena itu, kecelakaan seperti bayi jatuh dari tempat tidur sering terjadi.

Ketika melihat bayi jatuh dari tempat tidur, pasti akan membuat orang tua terkejut dan panik karena jatuh dari ketinggian dapat menyebabkan cedera serius pada bayi yang masih sangat rentan.

Jadi, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama ketika anak jatuh dari tempat tidur?

Dikutip dari nutri, Selasa (7/5) berikut langkah yang harus dilakukan ketika si kecil jatuh dari tempat tidur serta cara mencegahnya.

Periksa Lokasi Jatuhnya

Saat melihat atau mendengar bayi jatuh, naluri pertama seringkali adalah untuk segera mengangkat dan menggendong.

Namun, penting bagi orangtua untuk pertama-tama memeriksa tempat si Kecil jatuh dan menilai tingkat keparahannya. Terburu-buru mengangkat bayi dapat memperburuk kondisinya jika ada cedera dari dalam seperti cedera leher atau tulang belakang.

Tenangkan Bayi

Bayi mungkin akan menangis keras karena syok setelah terjatuh, tetapi biasanya mereka akan kembali ceria setelah beberapa waktu.

Jika si Kecil tampak sehat dan tidak mengalami luka, orangtua bisa menenangkannya dengan memeluknya dengan lembut.

Berikan Kompres Air Dingin

Jika ada memar atau benjolan, orangtua bisa memberikan kompres dingin untuk meredakan nyeri dan pembengkakan.

Namun, pastikan untuk tidak langsung menempelkan es ke kulit bayi tanpa membungkusnya dengan kain tipis.

Berikan Obat Pereda Nyeri

Jika si Kecil tampak kesakitan, Mama bisa memberikan obat pereda nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen sesuai dosis yang tepat untuk usia bayi. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan tidak memberikan aspirin pada bayi.

Pantau Kondisi Bayi Setelah 24 Jam

Pantau kondisi bayi dengan cermat selama 24 jam setelah kejadian. Perhatikan apakah ada perubahan dalam perilaku atau kondisi fisiknya, dan hubungi bantuan medis jika diperlukan.

Jangan ragu untuk mengikuti insting dan hati nurani Mama dan Papa jika ada kekhawatiran khusus.

Melakukan tindakan yang tepat setelah bayi jatuh dari tempat tidur dapat membantu mengurangi risiko cedera yang serius dan memastikan keselamatan dan kesejahteraan si Kecil.

Mempastikan bahwa si Kecil tidur dengan nyaman dan aman di tempat tidur merupakan salah satu aspek penting dalam memastikan pertumbuhan dan perkembangannya yang baik.

Berikut adalah beberapa saran untuk mengurangi risiko bayi jatuh dari tempat tidur:

Cara Mencegah Agar Bayi Tetap Aman Diatas Tempat Tidur

Saat meninggalkan si Kecil walau hanya sebentar, letakkan di dalam boks tidurnya untuk meminimalkan kemungkinan berguling dan terjatuh.

Pastikan tempat tidur atau boks tidur bayi dilengkapi dengan pagar pengaman di keempat sisinya, dan pastikan setiap pengaman terkunci dengan rapat untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Pastikan jarak antara jeruji pagar tempat tidur bayi tidak lebih dari 6 cm. orangtua dapat menggunakan seprai atau bantal di luar pagar untuk mencegah si Kecil meloloskan lengan atau kakinya di antara jeruji.

Gunakan boks bayi dengan ketinggian rendah atau sediakan kasur di lantai untuk bayi tidur. Jangan biarkan bayi tidur sendirian. (jp/raksul)

  • Bagikan

Exit mobile version