Pertama di Luar Pulau Jawa, UMI Gagas dan Bahas Sport Science Center

  • Bagikan
Universitas Muslim Indonesia (UMI) mengagas dan membahas Sport Science Center lewat seminar internasional.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Universitas Muslim Indonesia (UMI), menjadi salah satu perguruan Tinggi (PT) pertama di luar Pulau Jawa mengagas dan membahas Sport Science Center lewat seminar internasional.

Hal ini menjadi pembahasan dalam seminar internasional yang berlangsung di Gedung Fakultas Kedokteran (FK) UMI, Selasa (7/5/2024).

Sport science merupakan penerapan berbagai ilmu pengetahuan seperti ilmu kepelatihan, biomekanika, motor control dan motor development, psikologi, nutrisi dan lainya. tujuanya untuk meningkatkan prestasi olahraga.

Selaku Ketua Panitia, Prof. Dr. Ir. Hatta Fattah, mengatakan bahwa gagasan dan masukan dalam seminar internasional ini sangat penting sebagai upaya UMI Makassar melakukan peningkatan prestasi olahraga.

"Kami optimisme untuk mengembangkan sport science, tentunya dengan dukungan semua pihak untuk pengembangan etlet serta olahraga kedepan," ujarnya.

Lanjut dia, Sport Science Center UMI sesuai dengan pengembangan sport science. Ia berharap semoga pengembangan ini akan terealisasi dengan baik.

Selain itu, juga membahas seputar perkembangan kesehatan olahraga yang ada di Indonesia. Menurutnya, perkembangan olahraga sekarang sangat luar biasa. Tantangannya, bagaimana cara beradaptasi supaya tidak tertinggal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah cepat mempelajari potensi yang ada di bidang olahraga dan terus beradaptasi. Dimana UMI siap berkolaborasi untuk mengembangkan segala potensi.

"Ini pertama di luar pulau jawa. Ini didirikan bahwa olahraga bukan hanya
Olahraga menjadi berkembang fungsi utamanya mendorong pertumbuhan ekonomi. Kasus pandemi mengajarkan kita kesehatan dan kebugaran menjadi modal penting," sebutnya.

Indonesia patut diakui tertinggal dalam olahraga, akan mendukung perkembangan olahraga nasional dan Sulsel.

"Dalam seminar akan menghasilkan rekomendasi ke pemerintah, dalam menghadapi PON ke-12. Terima kasih kepada Pemprov yang telah memberikan dukungan selama ini. Kami ingin membangun jejaring lebih luas," tuturnya

Sedangkan, Rektor UMI Prof. Dr. Sufirman Rahman mengatakan, Sport Science Center di UMI untuk pengembangan ekosistem olahraga nasional. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi para atlet untuk mengembangkan diri.

"Dalam mewujudkan hal itu, harus dibangun kolaborasi semua pihak. Maka tentu kita ingin terbaik untuk kita semua," harapnya.

Menurutnya, hal ini dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga di Sulawesi Selatan. Maka UMI Makassar berencana mengembangkan Sport Science Center.

"UMI Makassar sebagai perguruan tinggi berkomitmen tidak hanya pada ilmu pengetahuan tapi juga memberikan layanan olahraga kepada semua," tuturnya.

Apalagi UMI sebagai perguruan tinggi berkomitmen tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan tetapi juga memberikan layanan dan fasilitas olahraga yang tidak hanya kepada mahasiswa tetapi kepada semua masyarakat tanpa diskriminasi.

"Kami juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga Pemerintah pusat atas dukungan dan support," ucapnya. (Yadi/B)

  • Bagikan

Exit mobile version