Dirjend Bina Pemdes Minta RMC II Sulsel Maksimalkan Persiapan Pelatihan P3PD

  • Bagikan
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) La Ode Ahmad P. Bolombo.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Berkunjung ke Regional Management Consultan (RMC) II Prov. Sulawesi Selatan (Sulsel) Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) La Ode Ahmad P. Bolombo minta pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) tahun 2024 bisa berjalan jauh lebih baik dari tahun 2023.

Hal itu diungkapkan oleh pria yang karib disapa La Ode pada saat kunjungannya di Kantor RMC II Sulsel. Ia juga berterimakasih atas suport dan persiapan yang dilakukan. Ia juga meminta agar RMC II Wilayah Sulsel agar mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik lagi. Ia juga menegaskan kembali terkait dengan kehadiran dan kepesertaan perangkat desa yang akan menjadi peserta pelatihan P3PD tahun 2024.

"Kegiatan pelatihan, mulai dari persiapan personil perserta seperti, Perangkat Desa, LKD/LAD dan PKK termasuk BPD betul betul dicek, dipastikan seluruh Kab/Kota dilakukan komunikasi," tuturnya saat memberikan pengarahan di Kantor P3PD RMC II Sulsel.

"Jangan masuk pendaftaran baru masuk persoalan. Kejadian tahun lalu masih banyak peserta yang tidak hadir sehingga capian terhadap rencana program tidak bisa 100 persen," imbuhnya.

Mantan Pj Sekda Sultra ini juga mengatakan bahwa, kondisi di Desa yang begitu dinamis seperti kondisi alam dan fase transisi pemerintahan desa bisa menjadi kendala dalam keberhasilan pelaksanaan pelatihan nantinya. Untuk itu, ia juga berharap agar tahun 2024 pelaksanan P3PD lebih baik. "Semua saling support, memberikan masukan, dan juga saling berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten untuk kemajuan progam," katanya.

La Ode juga mengatakan P3PD merupakan program strategis yang harus berjalan dengan baik, menghasilkan legacy untuk kemajuan desa di Indonesia. "RMC merupakan perpanjangan tangan Dirjend Bina Pemdes dan RMC memiliki kapasitas. Untuk itu RMC diharapkan dapat mempersiapkan P3PD 2024 secara baik, dan juga memberikan advice lebih kepada Ditjen Bina Pemdes untuk kemajuan desa," tegasnya. (*)

  • Bagikan