Mentan Andi Amran Berikan Santunan Korban Banjir dan Tanah Longsor dari Kantong Pribadi

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman yang juga pendiri AAS Foundation menunjukkan keprihatinan sekaligus empatinya terhadap para korban banjir dan tanah longsor yang melanda kabupaten Luwu dan Enrekang. Khususnya bagi mereka yang kehilangan anggota keluarga dan harta benda.

Sebanyak 16 orang korban banjir dan tanah longsor serta yatim piatu dari kabupaten Luwu dan Enrekang, diundang khusus ke kantor PT Tiran Group, AAS Building Jl. Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel.

“Saya ingin bersilaturahmi dengan mereka karena mereka juga adalah saudara kita. Saya berikan bantuan sekadarnya ya, masing-masing Rp10 juta,” ujar Andi Amran sambil membagikan amplop kepada masing-masing ahli waris korban, seusai pelaksanaan salat Jumat (10/05/2024).

Mereka yang diberikan santunan adalah yang kehilangan sanak keluarga, rumah, serta mengalami kerusakan sawah atau kebun akibat terjangan banjir bandang dan tanah longsor. “Santunan ini berasal dari uang pribadi saya,” tandas Andi Amran.

Bagi korban bencana yang memiliki kebun dan sawah, Andi Amran juga memerintahkan staf Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberikan kepada mereka alat pertanian berupa traktor, bibit, dan pupuk.

“Saya berikan traktor untuk dipakai bersama ya. Tim kami akan turun mendata semua sektor pertanian yang terdampak. Kami beri bibit gratis, traktor gratis, pupuk gratis untuk korban yang terdampak bencana,” ujar Andi Amran.

Mentan menegaskan bawa bantuan traktor, pupuk, bibit dan bernih tersebut berasal dari negara. Andi Amran berharap, santunan yang diberikan kepada korban bencana tersebut tidak disalahartikan atau ditafsirkan macam-macam.

“Hindari fitnah, hindari saling curiga, hindari saling menjelekkan. Ayo kita sama-sama maju di bawah naungan merah putih,” tandas Andi Amran.

Ketua umum PP IKA UNHAS itu juga menegaskan bahwa kegiatan sosial memang menjadi kebiasaannya jauh sebelum menjadi pejabat publik.

“Tidak ada yang menginginkan bencana, bagaimana mereka cepat ditolong. Jangan saling mencurigai, ini karena Allah. Saya tidak jadi Menteri saja, saya selalu memberikan bantuan, apalagi saya Menteri,” tegas Founder PT. Tiran.

Sekali lagi, tambah Andi Amran, AAS Foundation berkomitmen sejak didirikan akan selalu hadir di setiap musibah dan bencana alam. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version