Serahkan Santunan, Mensos Risma Temui Warga Latimojong

  • Bagikan
Menteri Sosal RI Tri Rismaharini Berkunjung Ke Kabupaten Luwu melakukan Kerja ke Latimojong sekaligus menyerahkan bantuan ke ahli waris warga Luwu yang meninggal akibat banjir bandang.

LUWU, RAKYATSULSEL - Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Latimojong ke Kabupaten Luwu, Sulsel, Jum'at (10/5).

Kunjungan Kerja Mensos Risma di dampingi PJ Gubernur Sulsel Bahtiar, Pj Bupati Luwu Muh Saleh, dan jajaran Forkopimda Luwu.

Kunjungan Mensos Risma ke Luwu dalam rangka penyerahan santunan bagi ahli waris 8 korban meninggal di Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu, 4 korban meninggal di Kecamatan Suli Barat Kabupaten Luwu, 1 korban meninggal dari Kabupaten Wajo, dan 1 korban meninggal dari Kabupaten Sidrap akibat banjir dan longsor.

Sementara santunan untuk ahli waris 14 korban meninggal masing-masing Rp15.000.000 sehingga total Rp 210.000.000.

Selain itu, Mensos Risma juga meninjau beberapa lokasi pengungsian dan dapur umum yang dibangun tim Kemensos bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Lapangan Andi Djemma Belopa dan Kecamatan Suli.

Sejak Jum'at 3 Mei 2024, Kemensos telah mendirikan dapur umum utama di Lapangan Andi Djemma Belopa, Dapur Umum Desa Botta dan Dapur Umum Kecamatan Suli. Pada Kamis 9 Mei 2024, Kemensos juga membangun 2 dapur mandiri di Kecamatan Bajo dan Desa Kaili.

Sebelumnya, kurang dari 24 jam pasca bencana, Kemensos telah menyalurkan bantuan logistik dari gudang Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Makassar dan Sentra Wirajaya Makassar. Bantuan tersebut terdiri dari tenda gulung, kasur, selimut, kids ware, family kit, peralatan dapur keluarga, pembalut wanita hingga makanan siap saji. Total bantuan logistik senilai Rp. 604.822.269.

Bantuan logistik juga dikirim Kemensos dari gudang logistik regional Makassar.

Mensos Risma juga memberikan penghargaan kepada pihak yang membantu dalam penanganan bencana di Kabupaten Luwu yakni Kapolda Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Kapolres Luwu, IOF Palopo, IOF Luwu dan sejumlah personel TNI/Polri.

Di hadapan pejabat pemprov Sulsel dan warga Luwu, Mensos Risma mengatakan, dirinya sudah 2 kali berkunjung ke Kabupaten Luwu

"Sebelumnya saya pernah ke Luwu via darat saat bencana di Walmas,
Ini yang kedua saya berkunjung Ke kabupaten Luwu terkait musibah banjir bandang dan tanah longsor," tutur Risma

Kunjungan Mensos dilakukan untuk melihat kondisi lokasi longsor di Pegunungan Latimojong dan menyerahkan bantuan korban banjir di Desa Kaili, Suli Barat. (Irwan)

  • Bagikan

Exit mobile version