Hasil Survei Pilkada Luwu Timur, Elektabilitas Irwan Bachri Syam Masih Teratas

  • Bagikan
Hasil survei Poros Survei Indonesia untuk Pilkada Luwu Timur.

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL - Pertarungan antara Irwan Bachri Syam atau Ibas melawan Budiman Hakim hampir pasti kembali terjadi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Luwu Timur yang akan digelar November 2024 mendatang.

Sebelumnya, keduanya menjadi rival pada Pilkada Luwu Timur 2020. Ketika itu, Ibas sebagai calon bupati berpasangan dengan Andi Muhammad Rio Patiwiri. Sedangkan Budiman Hakim merupakan calon wakil bupati dari Muhammad Thoriq Husler, yang meninggal dunia sebelum dilantik sebagai Bupati.

Berdasarkan survei yang dilakukan Poros Survei Indonesia pada 6 - 10 Maret 2024, elektabilitas Irwan Bachri Syam melampaui Budiman Hakim. Elektabilitas Irwan Bachri Syam mencapai 36 persen, Budiman 21,25 persen, dan 32,5 persen responden tidak menjawab atau rahasia.

"Selebihnya ada beberapa nama yang muncul, tapi elektabilitasnya dibawah 5 persen," ungkap Zulfahri R, Direktur Riset Poros Survei Indonesia, saat dihubungi, Minggu, 12 Mei 2024.

Ia mengungkapkan, pihaknya juga melakukan simulasi head to head Irwan Bachri Syam versus Budiman. Hasilnya cukup mencengangkan, dimana Ketua NasDem Luwu Timur tersebut unggul dengan angka 42 persen, Budiman Hakim 27 persen, dan dan 31 persen tidak menjawab.

"Berdasarkan hasil survei ini, di Luwu Timur hanya dua nama ini yang dominan," ujarnya.

Zulfahri menambahkan, survei yang dilakukan menggunakan metode Multistage Random Sampling. Jumlah sampel sebanyak 400 responden yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Luwu Timur, yang terdistribusi secara proporsional.

Margin of Error (MoE) ±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Dan pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung menggunakan kuisioner. (*)

  • Bagikan