Bawaslu Sulsel Monitor Langsung Test Tertulis Calon Panwascam di Tana Toraja

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Sulsel, Andarias Duma' saat memantau langsung proses test tertulis calon Panwascam di Tana Toraja.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 sedang berjalan, dimana Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota saat ini dalam tahapan perekrutan adhoc pemilih yakni calon Panitia Pemilih Kecamatan  (PPK) dan juga Panitia Pemungutan Suara (PPS), disatu sisi proses perekrutan calon anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) rekrutmen baru yang oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten/kota.

Seperti yang dilaksanakan Bawaslu Kabupaten Tana Toraja (Tator) yang saat ini dalam tahapan tes tertulis, dan proses rekrutmen hari pertama di monitor langsung oleh Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan (Sul-Sel) devisi hukum pendidikan dan pelatihan, Andarias Duma'.

Kegiatan tes tertulis dilaksanakan selama selama dua hari yakni, 13 sampai 14 Mei 2024 di SMAN 5 Tana Toraja yang juga diawasi langsung ketua Bawaslu Tator, Elis Mangesa bersama jajaran sekretariat Bawaslu Tator. Dan menggunakan sistim online dan offline.

Menurut Ketua Bawaslu Tator, Elis Mangesa kepada RAKYATSULSEL bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, dan sesuai hasil seleksi administrasi ada sebanyak 93 peserta yang lolos dan berhak mengikuti tahap seleksi test tertulis calon anggota Panwascam untuk beberapa kecamatan yang ada di Tator. 

"Sesuai dengan pengumuman sebanyak 60 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi yang akan mengikuti tes tertulis dengan sistem online dan Offline di hari pertama namun sampai tes berakhir ada  sebanyak 6 orang tidak hadir untuk mengikuti tes sehingga yang hadir  tes hari pertama hanya 54 orang saja," beber Elis.

Ditambahkan bahwa untuk hari kedua tersisa 33 orang yang dijadwalkan mengikuti tes tertulis calon Panwascam di sejumlah kecamatan yang ada di Tator. (Cherly)

  • Bagikan