Berpotensi Berbahaya, Jangan Berikan 8 Makanan Ini kepada Balita!

  • Bagikan
Ilustrasi balita sedang makan.

RAKYATSULSEL –Makanan adalah sumber nutrisi penting bagi perkembangan balita. Namun, tidak semua makanan cocok untuk mereka.

Beberapa makanan dapat menyebabkan risiko bagi kesehatan dan keselamatan balita. Penting untuk mengenali makanan-makanan dan mencari alternatif yang lebih aman.

Melansir What To Expect, berikut adalah daftar makanan yang berpotensi berbahaya bagi balita:

1. Madu

Madu mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang dapat menyebabkan botulisme pada balita di bawah usia 1 tahun. Gejala botulisme meliputi sembelit, hasrat minum susu yang melemah, nafsu makan yang buruk, dan lethargy. Sebaiknya hindari memberikan madu kepada balita hingga mereka berumur minimal 1 tahun.

2. Susu Sapi

Susu sapi sulit dicerna sistem pencernaan balita dan tidak mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Air susu ibu atau susu formula adalah sumber nutrisi yang disarankan untuk balita di bawah usia 1 tahun.

3. Jus Buah

Jus buah kurang mengandung nutrisi penting seperti lemak, protein, dan serat, yang diperlukan untuk pertumbuhan balita. Konsumsi jus buah berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan gigi, diare, dan masalah pencernaan. Disarankan untuk menghindari memberikan jus buah kepada balita di bawah usia 1 tahun.

4. Makanan Manis

Makanan manis seperti cokelat dan permen keras sebaiknya dihindari hingga ulang tahun pertama balita. Meskipun balita cenderung menyukai rasa manis, penting untuk memperkenalkan berbagai rasa untuk mengembangkan lidah mereka. Pilih makanan manis alami seperti pisang dan hindari menambahkan gula tambahan pada makanan balita.

  • Bagikan