11 Figur Ini Ramaikan Bursa Pilwalkot Makassar 2024, Siapa Kuat?

  • Bagikan
Ilustrasi

Meskipun Appi terlebih dahulu mendapat surat tugas. Terbaru mencuat sosok Ketua Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Sulsel, Rahman Pina, masuk dalam bursa Pilwali Kota Makassar 2024.

Menanggapi hal ini, Direktur Profetik Institute, Muh. Asratillah membwrikan analisa perihal figur yang akan maju di Pilkada MKassar 2024. Ia lebih condong menganilisa figur dari Golkar.

"Memang akhir-akhir ini publik Makassar terutama para konstituen Golkar Makassar, cukup dibingungkan bahwa ada dua kader Golkar yang di dorong maju untuk berkontestasi di Pilawali Kota Makassar, yakni Munafri Arifuddin dan Rahman Pina," jelasnya, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, persaingan kader internal ini merupakan salah satu cara bagi Golkar untuk mensolidkan para pemilihnya di dua basis DPRD Sulsel yang berdeda, yakni Dapil Makassar A dan B.

"Appi memiliki basis di Dapil Makassar A sedangkan Rahman Pina berbasis di Makassar B. Karena salah satu hal penting bagi partai jelang menghadapi pilkada adalah mensolidkan basis elektoralnya," tururnya.

Namun, jika publik mencoba melakukan upaya membandingkan kekuatan elektoral antara APPI dan Rahman Pina, maka kedua-duanya memiliki keunggulan masing-masing.

Appi memperoleh suara yang lebih banyak dibanding Rahman Pina walaupun bertanding di dapil berbeda saat pileg kemarin, kemudian APPI sudah dua kali ikut dalam pilwalkot walaupun belum pernah menang.

  • Bagikan