5 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kolestrol, Simak Penjelasannya!

  • Bagikan
Ilutrasi Makanan Tinggi Kolestrol

RAKYATSULSEL. CO - Kolestrol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat.

Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kolesterol memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dan kolesterol, karena dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan terkait.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut makanan yang wajib dihindari bagi penderita kolesterol:

1. Lemak Jenuh: Hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging berlemak (sapi, domba), kulit ayam, mentega, margarin padat, minyak kelapa, serta produk olahan susu tinggi lemak seperti krim, keju, dan es krim.

2. Kolesterol Tinggi: Batasi konsumsi makanan yang kaya kolesterol, seperti kuning telur, hati, dan makanan laut seperti udang, kepiting, dan cumi-cumi.

3. Makanan Olahan: Kurangi konsumsi makanan olahan yang tinggi lemak trans, seperti makanan cepat saji, camilan kemasan, dan kue-kuean.

4. Makanan Tinggi Gula: Meskipun tidak langsung berhubungan dengan kolesterol, terlalu banyak konsumsi gula dapat memengaruhi kadar trigliserida dalam darah, yang bisa memperburuk masalah kolesterol. Hindari minuman manis, makanan pencuci mulut, dan makanan olahan yang mengandung gula tambahan.

5. Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan: Makanan tinggi karbohidrat olahan, seperti roti putih, nasi putih, dan pasta dapat meningkatkan kadar trigliserida, yang juga dapat memengaruhi kesehatan jantung.

Sebaliknya, pilihlah makanan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, serta sumber protein rendah lemak, seperti ikan, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.

Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk rekomendasi diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. (jp/raksul)

  • Bagikan