Kaki Pecah-Pecah, Simak 6 Cara Mengatasinya

  • Bagikan
Kaki Pecah-Pecah

RAKYATSULSEL- Tumit kaki kering atau mengalami pecah-pecah? Hal ini umum terjadi pada semua orang dewasa maupun anak-anak. 

Namun, beberapa informasi mengatakan tumit kaki kering ini, lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

Bagi banyak orang, tumit kaki kering dan pecah-pecah bukan hal yang serius, namun tanpa disadari sebagian orang merasa bahwa tumit kaki kering dan pecah-pecah dapat mempengaruhi tampilan kaki mereka saat tidak memakai sepatu atau kaos kaki.

Tumit kaki kering dan pecah-pecah jika dibiarkan dapat menimbulkan rasa sakit. Sehingga harus dilakukan penanganan rutin di rumah.

Berikut ini cara mengatasi tumit kaki kering dan pecah-pecah dilansir dari Healthline oleh JawaPos.com, Rabu (15/5).

  1. Pelembab tumit atau salep

Pilih pelembab tumit yang mengandung urea, asam salisilat, asam alfa-hidroksi, dan sakarida isomat. Anda dapat mendapatkan pelembab ini di apotek tanpa resep dokter.

Beberapa pelembab tumit atau salep mungkin akan menimbulkan rasa perih atau iritasi ringan. Jika tumit mengalami pecah-pecah parah konsultasikan lebih lanjut ke dokter Anda.

  1. Rendam dan eksfoliasi kaki

Hindari menggosok kaki Anda saat kering, hal ini meningkatkan resiko kerusakan kulit. Maka dari itu perlu merendam dan eksfoliasi terlebih dulu, caranya sebagai berikut

  • Jaga kaki Anda dalam air sabun hangat hingga 20 menit.
  • Gunakan loofah, scrubber kaki, atau batu apung untuk menghilangkan kulit yang keras dan - tebal.
  • Tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering dengan lembut.
  • Oleskan balsem tumit atau pelembab ke area yang kering dan pecah-pecah
  • Gunakan petroleum jelly di kaki Anda untuk mengunci kelembaban. Kenakan kaus kaki untuk menghindari penyebaran minyak ke mana-mana.
  1. Perban cair

Anda juga bisa mengoleskan perban cair pada retakan untuk menutup luka dan mencegah infeksi atau retakan lebih lanjut. Produk ini hadir dalam bentuk semprotan, yang berarti Anda dapat menjalani hari tanpa khawatir perbannya terlepas. Perban cair adalah pilihan yang baik untuk mengatasi retakan dalam pada tumit yang mungkin berdarah.

  1. Madu
  2. Madu dapat berfungsi sebagai obat alami untuk tumit pecah-pecah. Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta melembabkan kulit.
  3. Minyak kelapa
  4. Menggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki juga bisa menjadi pilihan yang baik. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba minyak kelapa dapat menyebabkan tumit pecah-pecah jika rentan terhadap pendarahan atau infeksi.
  5.   Obat alami alami lainnya
  6. Sebagian besar bahan berikut ini berfokus pada melembabkan dan melembutkan kulit yaitu sebagai berikut:

  • Cuka, Untuk merendam kaki
  • Minyak Zaitun atau sayur, untuk melembabkan
  • oetmeal dicampur dengan minyak, untuk pengelupasan kulit (jp/raksul)
  • Bagikan