Sering Sakit Pinggang? Berikut 5 Tips Mengatasinya

  • Bagikan
Ilustrasi Sakit Pinggang

RAKYATSULSEL. CO - Sakit pinggang menjadi salah satu penyakit yang sangat umum. Di masa sekarang, kebanyakan orang lebih sering duduk sambil menatap layar laptop atau ponsel, yang mana kebiasaan ini dapat menyebabkan masalah pada pinggang.

Seorang Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, dr. Edbert Wreksoatmodjo, juga menyebut bahwa penyebab terbesar munculnya sakit pinggang memang disebabkan karena kebiasaan duduk yang terlalu lama, apalagi jika posisi duduknya tidak benar. 

"Mayoritas populasi kita kan kerja delapan jam sehari dan mayoritas pekerjaan banyak duduk, bisa berjam-jam bahkan lebih dari sepuluh jam 12 jam sehari, dan ini menyebabkan otot-ototnya menjadi lemah, apalagi kalo enggak benar posisi duduknya," kata dr. Edbert, dikutip dari kanal YouTube Raditya Dika, Selasa (14/5).

Menurut dr. Edbert, tidak cara instan untuk mengobati penyakit ini. Tindakan seperti mengonsumsi obat pereda nyeri atau mengenakan korset hanya solusi jangka pendek. Sakit pinggang hanya bisa diatasi dengan mengubah kebiasaan yang buruk menjadi kebiasaan yang baik. 

Dilansir dari kanal YouTube Raditya Dika, Selasa (14/5), berikut lima tips mengatasi sakit pinggang menurut dr. Edbert Wreksoatmodjo:

1. Duduk Tegak dan Bersandar

Posisi duduk yang paling baik adalah duduk dengan tegak dengan punggung yang bersandar. Jika duduk di kursi, akan lebih baik jika ketinggian kursinya diatur agar telapak kaki kita menapak sempurna di lantai. Selain itu, sudut kaki kita sebaiknya membentuk 90 derajat, begitu pun sudut antara lutut dan paha, serta sudut antara badan dan paha.

"Kakinya membentuk 90 derajat ke atas, lututnya membentuk 90 derajat, kemudian sama badannya membentuk 90 derajat lagi tegak ke atas."

Ketika bersandar, usahakan agar seluruh permukaan badan bagian belakang menempel sempurna dengan sandarannya, artinya tidak ada jarak yang tersisa antara punggung dengan sandaran.

2. Jangan Hanya Bertumpu Pada Bokong

Ketika duduk, jangan hanya bertumpu pada bokong. Menurut dr. Edbert, ketika duduk, beban tubuh sebaiknya ditumpu oleh bokong dan sekujur paha. Cara duduk seperti ini bisa dilcapai dengan duduk tegak membentuk sudut 90 derajat.

3. Duduk di Kursi yang Nyaman

Pilihlah kursi yang nyaman, empuk, dan memiliki sandaran punggung. Selain itu, akan lebih baik jika kamu duduk di kursi yang tinggi-rendahnya bisa diatur, sehingga bisa menyesuaikan dengan postur tubuhmu.

4. Jangan Terlalu Lama Duduk

Meski sudah duduk dalam posisi yang benar, duduk dalam waktu yang lama juga bisa menjadi masalah. Maka dari itu, menurut dr. Edbert, setiap 30 menit kamu sebaiknya berdiri, melakukan peregangan, atau juga berjalan menjauhi tempat dudukmu.

5. Lakukan Secara Konsisten Hingga Terbiasa

Semua tips di atas akan menjadi sia-sia jika kamu tak melakukannya secara konsisten. Maka dari itu, kamu perlu melakukannya secara konsisten agar kamu benar-benar mendapatkan manfaat dari kebiasaan duduk yang baik. Selain membantu mengatasi sakit pinggang, tips-tips di atas juga dapat membantumu memperbaiki postur. (jp/raksul)

  • Bagikan