Pemkab Kepulauan Selayar Kirim Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor di Luwu dan Wajo

  • Bagikan
Sekda Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, selaku koordinator pengumpulan bantuan kemanusiaan melepas bantuan untuk korban banjir dan longsor, berlangsung di halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Jumat (17/5/2024).

KEPULAUAN SELAYAR, RAKYATSULSEL – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar mengirimkan bantuan untuk para korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu dan Kabupaten Wajo.

Pengiriman bantuan ini dilepas oleh Sekda Kepulauan Selayar, Drs. Mesdiyono, M.Ec.Dev., yang juga bertindak sebagai koordinator pengumpulan bantuan kemanusiaan. Acara berlangsung di halaman Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Jumat (17/5/2024) pagi.

Bantuan dikumpulkan melalui posko bantuan kemanusiaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Selayar. Sekretaris BPBD, Patta Bau, S.Sos., M.Si., dalam laporannya menyebutkan bahwa total bantuan kemanusiaan yang terkumpul senilai Rp 222.587.348.

Meskipun tidak dirinci secara spesifik, Patta Bau menyampaikan bahwa posko bantuan kemanusiaan BPBD telah menerima bantuan dari berbagai pihak, termasuk Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah, instansi vertikal, BUMN, BUMD, organisasi wanita, komunitas, dan masyarakat.

"Jenis bantuan yang telah kami terima yaitu uang tunai senilai Rp 161.051.000, yang pengalokasiannya dibagi dua, yaitu Kabupaten Luwu senilai Rp96.551.000 dan Kabupaten Wajo senilai Rp 64.051.000," kata Patta Bau.

Selain itu, bantuan berupa barang yang telah diterima meliputi Indomie, beras, susu, biskuit, popok bayi, pakaian bekas layak pakai, tenda, kasur lipat, air mineral, dan kebutuhan anak-anak (kids ware), dengan total nilai Rp 61.536.348. Bantuan berupa barang ini juga dialokasikan untuk dua lokasi, yaitu Kabupaten Luwu dan Kabupaten Wajo.

Sekda Kepulauan Selayar, Mesdiyono, mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk para korban bencana di Luwu dan Wajo. Ia berharap bantuan yang dikirimkan dapat mengurangi beban dan bermanfaat bagi para korban.

"Saya berharap bencana seperti ini tidak terjadi lagi, bukan hanya di Sulawesi Selatan, namun juga di Indonesia pada umumnya," ucap Mesdiyono.

Sembari melepas rombongan yang membawa bantuan, Sekda Selayar berharap mereka tiba dengan selamat dan aman. Ia berpesan agar rombongan berhati-hati di jalan dan mengutamakan keselamatan.

Sebagai informasi, sebelumnya Bupati Kepulauan Selayar telah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk bersama-sama membantu saudara-saudara yang menjadi korban bencana di Kabupaten Luwu dan Kabupaten Wajo. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version