Anda Memiliki Kebiasaan Menggerakkan Kaki Saat Duduk? Berikut Fakta Ilmiahnya!

  • Bagikan
Ilustrasi.

Kebosanan

Kebosanan bisa menjadi cara tubuh memberitahu Anda bahwa Anda tidak menerima rangsangan. Menggerakkan atau menggoyangkan kaki dapat memberikan rangsangan yang cukup untuk mengalihkan perhatian Anda dari situasi membosankan apapun yang Anda alami. Tampaknya hal itu dapat meredakan ketegangan saat Anda duduk diam.

Konsentrasi

Beberapa orang mungkin secara tidak sadar menggoyangkan kaki mereka saat berkonsentrasi atau mencoba menerima informasi saat belajar, menulis, atau bekerja di depan komputer.

Energi gugup dan kecemasan

Jika Anda merasa gugup menjelang suatu pertemuan tetapi perlu tampil tenang dan percaya diri, kaki Anda mungkin gemetar sebagai pelampiasan energi gugup Anda, sementara seluruh tubuh Anda tampak siap secara profesional.

Gemetar kaki sering kali dapat diartikan sebagai ekspresi kecemasan yang dapat diterima. Berteriak biasanya tidak dapat diterima secara sosial di ruang tunggu rumah sakit, pertemuan bisnis, atau ruang sidang, sehingga menjadikannya cara yang lebih halus untuk melepaskan kecemasan.

Kondisi medis

Dalam beberapa kasus, gerakan kaki yang berulang-ulang dapat menjadi gejala dari kondisi medis yang mendasarinya. Contoh kondisi tersebut meliputi:

  • Kerusakan saraf atau otak
  • Masalah tiroid
  • Sindrom kaki gelisah (RLS), yakni di mana seseorang merasakan dorongan yang tidak terkendali untuk menggerakkan kakinya untuk mengurangi rasa gatal, pegal, atau perasaan tidak menyenangkan lainnya
  • Penyakit Parkinson atau multiple sclerosis, yakni gangguan sistem saraf yang mengganggu kemampuan seseorang untuk secara sadar mengendalikan anggota tubuh dan ekstremitasnya dan dapat menyebabkan tremor atau tics yang tidak dapat dikendalikan. (JP/RAKSUL)
  • Bagikan

Exit mobile version