Jaga Lingkungan Kondusif, Kapolres Tator Ajak Warga Kembali Aktifkan Satkamling

  • Bagikan
Personil Polres Tator bekerja sama dengan warga membenahi salah satu Poskamling.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL - Untuk meningkatkan keamanan sekaligus sebagai cara untuk memantau dan memberikan motivasi kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif mendukung terciptanya kamtibmas (keamanan dan ketertiban Masyarakat), maka Kapolres Tana Toraja (Tator) mengajak warga untuk kembali mengaktifkan Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling). 

Menurut Kapolres Tator, AKBP Malpa Malacoppo,  menyampaikan tentang pentingnya mengaktifkan kembali satkamling dalam menciptakan rasa aman, tertib dan tentram di lingkungan masing - masing dan wujudkan kesadaran masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan kamtibmas seperti memberikan peringatan-peringatan untuk mencegah terjadinya kejahatan, kecelakaan, kebakaran, banjir, dan bencana alam lainnya.

"Masalah keamanan bukan hanya tugas Polri, melainkan semua pihak saling bersinergi baik TNI, Pemerintah dan warga masyarakat," jelasnya di Makale, Tana Toraja,  Senin, 20 Mei 2024. 

Merespon hal tersebut, personil Bhabinkamtibmas Polres Tator bersama warga bergotong royong membersihkan dan menghiasi pos kamling di daerah binaannya. Dimana personil Bhabinkamtibmas menunjukkan kebersamaan dalam melaksanakan kegiatan patroli wilayah serta sambangi warga di Desa binaan sesuai perintah Kapolres Tator.

Terpisah, salah satu personil Polsek Bongakaradeng, Bripka Geni Saputra mengatakan bahwa Bhabinkamtibmas tidak hanya menjalankan tugas patroli rutin, namun juga memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga setempat.

Dikatakannya bahwa kegiatan tersebut menjadi bentuk nyata dari kebersamaan, soliditas, dan sinergitas antara Polri dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Dan hal ini merupakan tindaklanjut dari  kegiatan menggalakkan kembali Poskamling yang merupakan instruksi Kapolres Tana Toraja melalui Kapolsek Bonggakaradeng.

"Kami bergotong royong bersama warga membersihkan poskamling dan menghiasinya untuk kenyamanan petugas," tutup Geni Saputra. (Cherly)

  • Bagikan