Jelang Idul Adha, KPPU bersama Pemprov dan Pemkot Makassar Cek Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional

  • Bagikan
Pemprov Sulsel bersama KPPU, Dinas Perdagangan Kota Makassar dan Kodam XIV Hasanuddin melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok, di Pasar Terong Makassar, Minggu (19/5/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Dinas Perdagangan Kota Makassar, dan Kodam XIV Hasanuddin, berkolaborasi melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok, di Pasar Terong Makassar, Minggu (19/5/2024).

Pengecekan harga kebutuhan pokok strategis ini, dilakukan untuk memastikan ketersediaan dipasaran dengan harga yang terjangkau atau stabil jelang Hari Raya Kebesaran Agama Islam seperti hari Raya Idul Adha.

Komisioner KPPU Pusat, Hilman Pujana mengatakan, dari hasil pemantuan, harga kebutuhan pokok dipasaran cenderung stabil.

"Kalau kita lihat hampir semua kebutuhan pokok stabil, contoh untuk Bawang Putih yang berada di kisaran harga Rp40.000 perkilogram, ini sudah bersih, sudah siap untuk dikonsumsi," kata Hilman.

Menurut Hilman, tujuan mengecek harga ini untuk melihat pasar bekerja sesuai dengan hukum suplay demand.

"Jadi tujuannya kita ngecek harga ini kita pingin lihat pasar ini bekerja sesuai dengan hukum supply Dmdemand atau tidak jadi pergolakan harga. Kalau konteks saat ini juga kan masih bukan hanya untuk hari raya saja atau ini masih kondisi permintaan stabil. Kita lihat apakah ada harga-harga yang mengalami peningkatan atau tidak seperti itu," jelas dia.

  • Bagikan

Exit mobile version